PERANAN TIM PENGGERAK PKK DALAM MENGGERAKKAN KESADARAN MASYARAKAT UNTUK BERPERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (Studi Desa Krawang Sari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan)

KINANTI, NATASYA PUTRI (2024) PERANAN TIM PENGGERAK PKK DALAM MENGGERAKKAN KESADARAN MASYARAKAT UNTUK BERPERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (Studi Desa Krawang Sari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (1138Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2255Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1147Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peranan tim penggerak PKK dalam menggerakkan kesadaran masyarakat melalui Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Desa Krawang Sari, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan yang dikaitkan dengan teori struktural fungsional menurut Talcott Parsons. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Subjek penelitian ini adalah Ketua Tim Penggerak PKK, Sekretaris PKK, Ketua Pokja (Program Kerja) IV PKK, Sekretaris Desa, dan anggota masyarakat yang turut berpartisipasi dalam kegiatan PKK. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan yang dijalankan oleh tim penggerak PKK Desa Krawang Sari dalam menggerakkan kesadaran hidup bersih dan sehat telah dilakukan sesuai dengan yang ditetapkan dalam bidang kesehatan, perencanaan kesehatan, dan kelestarian lingkungan dalam bentuk sosialisasi dan praktik. Faktor pendukung jalannya peranan kader, yaitu pembinaan dari dinas kesehatan dan bantuan dana dari pemerintah desa. Namun, peranan yang dilakukan belum berjalan secara maksimal dan lancar. Hal ini dapat dilihat dari faktor penghambat dari segi internal, seperti rendahnya kualitas dan kuantitas SDM kader,maupun dari segi eksternal, seperti pandemi covid-19, kurangnya kepercayaan masyarakat, dan kebiasaan. Kata Kunci : Peran, PKK, PHBS, Teori Struktural Fungsional

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 2308434931 . Digilib
Date Deposited: 07 Feb 2024 04:28
Terakhir diubah: 07 Feb 2024 04:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78651

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir