ANALISIS EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PENGENDALIAN LINGKUNGAN TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Publik Berbasis Program Penilaian Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup / PROPER yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2022)

Amira, Kutanti (2024) ANALISIS EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PENGENDALIAN LINGKUNGAN TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Publik Berbasis Program Penilaian Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup / PROPER yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2022). FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (2893Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3558Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3349Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana efektivitas dan efisiensi pengendalian lingkungan terhadap kinerja lingkungan pada perusahaan publik di Indonesia dari tahun 2016 hingga 2022. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif komparatif dan kualitatif, yaitu pendekatan yang mendeskripsikan, meneliti, dan menjelaskan sesuatu yang dipelajari. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan publik yang mengikuti Program Penilaian Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2016-2022. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh 42 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel selama 7 tahun (2016-2022). Hasil dari penelitian ini menunjukkan alokasi biaya lingkungan yang dilakukan oleh perusahaan tidak hanya harus efisien, tetapi juga tetap harus memperhatikan efektivitas dari pengeluaran biaya lingkungan tersebut. Dengan demikian, perusahaan perlu memperhatikan ketepatan dalam mengalokasikan biaya lingkungannya, sehingga efisiensi dan efektivitas pengendalian biaya lingkungan yang optimal serta tepat sasaran yaitu dapat tercapai dana perusahaan dapat meningkatkan kinerja lingkungan sekaligus kinerja keuangannya. Kata kunci : Efektivitas, Efisiensi, Biaya Lingkungan, Kinerja Lingkungan, PROPER. This study aims to see how the effectiveness and efficiency of environmental control on environmental performance in public companies in Indonesia from 2016 to 2022. The approach used in this research is to use comparative descriptive and qualitative methods, namely an approach that describes, examines, and explains something that is studied. The population in this study are public companies that participate in the Company Performance Assessment Program in Environmental Management (PROPER) and are listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2016-2022. Determination of the sample using purposive sampling method, so that 42 companies were obtained that met the sample criteria for 7 years (2016-2022). The results of this study indicate that the allocation of environmental costs carried out by companies must not only be efficient, but also must still pay attention to the effectiveness of the environmental cost expenditure. Thus, companies need to pay attention to accuracy in allocating their environmental costs, so that the efficiency and effectiveness of optimal and targeted environmental cost control can be achieved and the company can improve its environmental performance as well as its financial performance. Keywords: Effectiveness, Efficiency, Environmental Costs, Environmental Performance, PROPER

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Akuntansi
Pengguna Deposit: 2308857440 . Digilib
Date Deposited: 16 Feb 2024 02:20
Terakhir diubah: 16 Feb 2024 02:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78951

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir