ANALISIS PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) DALAM UPAYA PENCEGAHAN TINDAK PIDANA KORUPSI (Studi pada BUMD PT. Lampung Jasa Utama)

NIWAYAN, AYU MAE VANESA (2023) ANALISIS PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) DALAM UPAYA PENCEGAHAN TINDAK PIDANA KORUPSI (Studi pada BUMD PT. Lampung Jasa Utama). FAKULTAS HUKUM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tindak pidana korupsi kerap terjadi pada lingkungan perusahaan, sehingga penting bagi perusahaan untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi. Berdasarkan Putusan Nomor 8/Pid.Sus/TPK/2022/PN.TJK bahwa telah terjadi tindak pidana korupsi pada PT Lampung Jasa Utama yang mengakibatkan kerugian negara. Setelah terjadinya tindak pidana tersebut, PT Lampung Jasa Utama melakukan restrukturisasi, pembaharuan peraturan perusahaan serta melakukan penguatan prinsip-prinsip Good Corporate Governance(GCG). GCG merupakan aturan atau kebijakan untuk menciptakan tata kelola yang baik ketika menjalankan perusahaan. Tata kelola ini digunakan untuk menetapkan tujuan, integritas bisnis, membangun kepercayaan investor dan masyarakat serta mendorong kelangsungan finansial. Penerapan GCG dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi dikemudian hari. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan penelitian dengan metode yuridis normatif dan yuridis empiris. Dengan mengacu kepada beberapa pemikiran pada sistem wawancara terhadap pimpinan dan kepala divisi legal pada PT. Lampung Jasa Utama. Adapun data yang didapatkan oleh penulis berdasarkan pada sumber primer dan uga sumber sekunder yang tersusun atas keduanya yang kemudian dilengkapi dengan sumber tersier. Kemudian data yang telah terhimpun diolah dengan proses pendataan yang selanjutnya dilakukan metode apllikasi menggunakan analisis data kualitatif. Wujud pada ini menunjukan dalam penerapan Good Corporate Governance dapat mencegah terjadinya tindak pidana korupsi karena terdapat beberapa prinsip yang mendukung yaitu (1) Prinsip transparansi, Prinsip ini dalam kegiatan pengelolaan perseroan atau corporate goveernance sangat penting guna kepentingan perusahaan beroperasi secara etis, akuntabel dan menentukan poin tambahan pada seluruh pegawai dalam konteks perusahaan milik daerah. (2) Prinsip akuntabilitas adalah salah satu pilar utama dalam GCG. Dalam penerapan gcg faktor yang memengaruhi dalam penerapan Good Corporate Governance pada PT Lampung Jasa Utama yaitu faktor internal seperti pemahaman mengenai unsur-unsur GCG kejelasan aturan dalam mengatur mengenai GCG, serta peran dari seluruh bagian dari PT. Lampung Jasa Utama Baik pimpinan maupun karyawan dapat bekerjasama dengan baik, sehingga akan menciptakan lingkungan kerja yang sehat serta memepermudah dalam proses penerapan prinsi-prinsip GCG pada lingkungan perusahaan. Kata Kunci : penerapan Good Corporate Governance, tindak pidana, tindak pidana korupsi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum
300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum > 348 Undang-undang, hukum, regulasi dan kasus
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Pengguna Deposit: 2308644186 . Digilib
Date Deposited: 20 Feb 2024 01:53
Terakhir diubah: 20 Feb 2024 01:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79067

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir