PENGARUH FLASH SALE SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS LAMPUNG

Novita, Indarti Sitio (2024) PENGARUH FLASH SALE SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (1764Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Shopee merupakan mall daring yang paling banyak digunakan konsumen untuk berbelanja. Shopee dikenal sebagai mall daring yang sering memberikan flash sale sebagai strategi meningkatkan pembelian suatu produk. Konsumen dapat terpengaruh untuk membeli dan mendorong terjadinya perilaku konsumtif karena flash sale memberikan penawaran yang terbatas. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan menjelaskan pengaruh flash sale shopee terhadap perilaku konsumtif generasi Z di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan dua variabel penelitian yaitu flash sale shopee sebagai variabel independen dan perilaku konsumtif sebagai variabel dependen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan cara simple random sampling dan rumus yang digunakan untuk menentukan jumlah sampel adalah rumus slovin. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji linearitas. Uji Hipotesisi dalam penelitian ini adalah uji regreasi linier sederhana , uji parsial dan uji koefisien determinasi r square. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti terdapat pengaruh flash sale shopee terhadap perilaku konsumtif yang ditunjukkan melalui persamaan regresi linier sederhana Y= 2,989 + 0,462 X dan membandingkan thitung sebesar 10,835 sedangkan ttabel 1,98552 maka nilai thitung>ttabel yang artinya ha diterima dan melalui uji koefisien determinasi r square sebesar 0,555%. Hal ini bermakna bahwa kontribusi flash sale shopee (X) dan perilaku konsumtif (Y) adalah sebesar 55,5% dengan sisa 44,5% disebabkan oleh faktor-faktor lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara flash sale shopee terhadap perilaku konsumtif generasi z di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung. Teori tindakan sosial dengan tipe tindakan rasional instrumental oleh Max Weber yang digunakan peneliti merupakan tindakan yang dilakukan secara sadar memperhitungkan keselarasan cara untuk mencapai tujuan. Kata Kunci: Flash sale shopee, perilaku konsumtif, generasi Z Shopee is the online mall that consumers use most for shopping. Shopee is known as an online mall that often offers flash sales as a strategy to increase product purchases. Consumers can be influenced to buy and encourage consumptive behavior because flash sales provide limited offers.The aim of this research to know the effect of shopee’s flash sale on consumptive behavior of generation Z in Faculty of Social and Political Science Unversitas Lampung. This research used quantitative method with two variables namely shopee’s flash sale is independent variable and consumptive behavior is dependent variable. Sampling technique that is used probability sampling by using simple random sampling and the formulation that is used to determine the sample is slovin formulation. Analysis technique that is used validity test, reliability test, normality test and linearity test. The hypothesis of this research are multiple linear regression, partial test and determination coefficient r square. Based on the result of this research there are any effect of shopee’s flash sale on consumptive behavior that showed through multiple linear regression Y= 2,989 + 0,462 X and compare between t hit 10,835 and t table 1,98552 so, value of thit > ttabel it means ha is accepted and through determination coefficient r square is 0,555%.. it means that contribution of shopee’s flash sale (X) and consumptive behavior (Y) is 55,5% with the remainder 44,5% it caused by another factors. So the conclusion there is any effect of shopee’s flash sale on consumptive behavior of generation Z in Faculty of Social and Political Science Unversitas Lampung. The theory of social action with the instrumental rational action type by Max Weber which is used by researchers is an action carried out consciously taking into account the harmony of means to achieve a goal. Keywords: Shopee flash sale, Consumptive Behavior, Generation Z

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan) > 321 Sistem pemerintahan dan sistem negara
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 2308548184 . Digilib
Date Deposited: 21 Feb 2024 03:05
Terakhir diubah: 21 Feb 2024 03:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79175

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir