PENGARUH PRAKTIKUM MENGGUNAKAN SENSOR SMARTPHONE DENGAN APLIKASI PTSS PADA PEMBELAJARAN GERAK HARMONIK SEDERHANA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN INTERPRETASI GRAFIK PESERTA DIDIK

LUTFIA , MAULIDINA (2024) PENGARUH PRAKTIKUM MENGGUNAKAN SENSOR SMARTPHONE DENGAN APLIKASI PTSS PADA PEMBELAJARAN GERAK HARMONIK SEDERHANA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN INTERPRETASI GRAFIK PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2732Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2390Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kegiatan praktikum menggunakan sensor smartphone dengan media aplikasi physics toolbox sensor suite (PTSS) pada pembelajaran gerak harmonis sederhana dengan model discovery learning terhadap kemampuan interpretasi grafik peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMA S Global Madani Bandar Lampung menggunakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes berupa soal uraian pada materi gerak harmonik sederhana dengan sub bab bandul dan pegas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,71 dengan kategori tinggi dan N-gain pada kelas kontrol sebesar 0,50 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis Mann-Whitney diperoleh nilai sig. sebesar 0,001<0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan rata-rata kemampuan interpretasi grafik peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa peningkatan kemampuan interpretasi grafik peserta didik pada kelas eksperimen dengan kegiatan praktikum model discovery learning berbantuan aplikasi PTSS pada materi gerak harmonik sederhana lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu kegiatan praktikum secara manual. Hasil uji Effect Size diperoleh nilai partial eta square sebesar 0,15 dimana jika diinterpretasikan ke dalam nilai d’cohen maka didapatkan nilai effect size sebesar 0,841 dengan kategori tinggi, yang berarti pembelajaran praktikum menggunakan model discovery learning dengan berbantuan aplikasi PTSS berpengaruh baik dalam meningkatkan kemampuan interpretasi grafik peserta didik. Kata Kunci: Physics Toolbox Sensor Suite, Discovery Learning, Kemampuan Interpretasi Grafik Peserta didik, Gerak Harmonik Sederhana.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308547680 . Digilib
Date Deposited: 21 Feb 2024 06:16
Terakhir diubah: 21 Feb 2024 06:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79213

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir