PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL PERJUANGAN RAKYAT PENUMANGAN DI SMA NEGERI 2 TUMIJAJAR TAHUN AJARAN 2023/2024

Joko, Sutrisno (2024) PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL PERJUANGAN RAKYAT PENUMANGAN DI SMA NEGERI 2 TUMIJAJAR TAHUN AJARAN 2023/2024. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstract Joko Sutrisno.pdf

Download (3681Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL Joko Sutrisno.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1876Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB 4 Joko Sutrisno.pdf

Download (1367Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran Sejarah melalui sejarah lokal diperlukan untuk membangkitkan kesadaran sejarah nasional serta menghindarkan peserta didik dari ketidaktahuan terhadap nilai sejarah yang ada disekitarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Proses Pembelajaran Sejarah Lokal Perjuangan Rakyat Penumangan di SMAN 2 Tumijajar?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Proses Pembelajaran Sejarah Lokal Perjuangan Rakyat Penumangan di SMAN 2 Tumijajar yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran, dan kendala selama proses pembelajaran berlangsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Penelitian menggunakan teknik wawancara/interview, teknik observasi, teknik dokumentasi, dan teknik angket sebagai teknik pengumpulan data. Peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data menurut Miles dan Huberman dalam Ferilayasa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, Pembelajaran Sejarah Lokal di SMAN 2 Tumijajar berpedoman pada Kurikulum 2013, Penerapan pembelajaran sejarah lokal disesuaikan dengan kompetensi dasar (KD) dari silabus yaitu KD 3.10. Persentase respon peserta didik terhadap angket skala likert pada uji coba, diperoleh seluruh pernyataan mendapatkan respon positif dengan persentase 80,66%. Berdasarkan hasil angket maka penulis dapat menyimpulkan bahwa Proses pembelajaran sejarah lokal perjuangan rakyat Penumangan layak untuk digunakan dalam membangkitkan rasa nasionalisme peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 2 Tumijajar. Kata Kunci : Sejarah Lokal, Sejarah lokal di Penumangan, Pembelajaran Sejarah Lokal Learning history through local history is needed to raise awareness of national history and prevent students from being unaware of the historical values around them. The formulation of the problem in this research is "What is the Process of Learning the Local History of the Penumangan People's Struggle at SMAN 2 Tumijajar". The aim of this research is to determine the learning process of the local history of the Penumangan People's Struggle at SMAN 2 Tumijajar which includes planning, implementation, learning evaluation and obstacles during the learning process. The method used in this research is descriptive qualitative. The research approach used is a case study. The research uses interview techniques, observation techniques, documentation techniques, and questionnaire techniques as data collection techniques. Researchers use source triangulation and method triangulation. The data analysis technique used is the data analysis technique according to Miles and Huberman in Ferilayasa. The research results show that local history learning at SMAN 2 Tumijajar is guided by the 2013 Curriculum. The implementation of local history learning is adjusted to the basic competency (KD) of the syllabus, namely KD 3.10. The percentage of students' responses to the Likert scale questionnaire in the trial, obtained that all statements received a positive response with a percentage of 80.66%. Based on the results of the questionnaire, the author can conclude that learning the local history of the Penumangan people's struggle is suitable for use in arouse a sense of nationalism in class XI IPS 1 students at SMAN 2 Tumijajar. Keyword : Local History, Local History in Penumangan, Local History Learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 2308031584 . Digilib
Date Deposited: 19 Mar 2024 01:41
Terakhir diubah: 19 Mar 2024 01:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79694

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir