PENGARUH MEDIA SISTEM INFORMASI GEOGRAFI BERBASIS OVERLAY & SCORING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

YULLIA , PUTRI (2024) PENGARUH MEDIA SISTEM INFORMASI GEOGRAFI BERBASIS OVERLAY & SCORING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2749Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mengetahui pengaruh yang signifikan pada kelompok siswa yang menggunakan media Overlay Scoring terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, (2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada kelompok siswa yang menggunakan media Overlay Scoring terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa, (3) Untuk mengetahui yang mana yang lebih berpengaruh antara penggunaan media Overlay Scoring terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dengan keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran Sistem Informasi Geografi. Desain dalam penelitian ini adalah penelitian comparative dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas X SMA Al Kautsar yang berjumlah 324 siswa yang terbagi dalam 9 kelas. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik pengukuran. Untuk membuktikan hipotesis dalam penelitian ini digunakan statistik analisis varian (ANAVA) dua jalur. Hasil menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa melalui media Overlay Scoring pada materi Sistem Informasi Geografi. yang dinyatakan dengan Signifikansi sebesar 0.000 < 0.05, sehingga Ho ditolak; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui media Overlay Scoring pada materi Sistem Informasi Geografi. yang dinyatakan dengan Signifikansi sebesar 0.000 < 0.05, sehingga Ho ditolak; (3) Berdasarkan perhitungan uji efektivitas (Uji F) untuk post-test 1 hasilnya adalah 1.02, dan post-test 2 sebesar 1.15. Hasil uji efektivitas bahwa post-test 2 > pos-test 1 maka media Overlay Scoring lebih besar pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan kemampuan berpikir kreatif. Kata Kunci: Media Overlay Scoring , Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, Sistem Informasi Geografi This research aims to ; (1) To find out the significant influence on the group of students (experimental class) who use Overlay Scoring media on students' critical thinking skills, (2) To find out the significant influence on the group of students (control class) who use Overlay Scoring media on students' creative thinking skills , (3) To find out which one has more influence between the use of Overlay Scoring media on students' critical thinking skills and students' creative thinking skills in learning Geographic Information Systems. The design of this research is comparative research with an experimental approach. The population in this study were all class X students at SMA Al Kautsar, totaling 324 students divided into 9 classes. Samples were taken using a purposive sampling technique. The research instrument consists of initial ability test questions (pretest) and learning outcomes tests (post test). Data collection uses observation techniques, interviews, documentation and measurement techniques. To prove the hypothesis in this research, two-way statistical analysis of variance (ANOVA) was used. Results obtained show that: (1) There is a significant influence on students' critical thinking abilities through Overlay Scoring media on Geographic Information Systems material. which is stated with a significance of 0.000 < 0.05, so Ho is rejected; (2) There is a significant influence on students' creative thinking abilities through Overlay Scoring media on Geographic Information Systems material. which is stated with a significance of 0.000 < 0.05, so Ho is rejected; (3) Based on the calculation of the effectiveness test (F Test) for post-test 1 the result was 1.02, and post-test 2 was 1.15. The results of the effectiveness test show that post-test 2 > post-test 1 means that the Overlay Scoring media has a greater influence on students' critical thinking abilities compared to the creative thinking. Keywords: Media Overlay Scoring, Critical Thinking, Creative Thinking, Geographic Information Systems

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: 2308221779 . Digilib
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:56
Terakhir diubah: 25 Mar 2024 04:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79771

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir