PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS APLIKASI CANVA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SD NEGERI

SHERLY, IKA SAVITRI (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS APLIKASI CANVA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SD NEGERI. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (150Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3157Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini kemampuan berpikir kritis peserta didik yang masih rendah dan belum tersedia LKPD yang disusun sendiri oleh pendidik dalam memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) proses pengembangan LKPD berbasis aplikasi Canva, (2) mengetahui efektivitas penggunaan LKPD berbasis aplikasi Canva, dan (3) menganalisis kemenarikan LKPD berbasis aplikasi Canva dalam menstimulasi kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RnD). Populasi penelitian ini berjumlah 22 orang peserta didik kelas V SD Negeri 4 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. LKPD berbasis aplikasi Canva dilakukan uji ahli pakar materi, media, dan desain. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pengembangan bahan ajar LKPD dilakukan karena kurangnya sumber belajar dan belum adanya LKPD yang disusun sendiri oleh pendidik, (2) efektivitas LKPD memiliki tingkat keefektifan dengan kategori cukup efektif dengan nilai rata-rata 0,46 serta efisiensi waktu yang digunakan 90 menit untuk 1 kali pertemuan dan LKPD berbasis aplikasi Canva memiliki cukup pengaruh pada kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan perubahan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan LKPD, (3) kemenarikan bahan ajar LKPD memiliki klasifikasi sangat mudah dengan tingkat kemenarikan yaitu menarik diperoleh persentase 89,07%. Kata kunci: aplikasi canva, berpikir kritis, lembar kerja peserta didik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308323404 . Digilib
Date Deposited: 25 Mar 2024 05:00
Terakhir diubah: 25 Mar 2024 05:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79772

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir