RANI , DWI ANISA (2024) PENGARUH METODE SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS SISWA KELAS VII UPTD SMPN 3 PESAWARAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK TERJEMAH RANI DWI ANISA.pdf Download (139Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2891Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHSAN.pdf Download (2873Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
This research is based on the results of observations made by researchers, such as students’ interest in learning to read is very low which can affect student learning outcomes, students’ reading skills in critical reading are still weak because students are not given the opportunity to search and find information about the concepts being taught. Meet learning outcomes and objectives. The subjects in this research were class VII students at UPTD SMPN 3 Pesawaran with a total sample of 52 students. The data collection techniques used were pretest and posttest. Research shows there are two hypotheses. The first hypothesis is that there is no significant difference in ability between the experimental class and the control class. The second hypothesis is that there is a significant difference in ability between the experimental class and the control class. The results of the hypothesis test carried out show that the use of the SQ3R method has an influence in improving the critical reading skills of class VII students at UPTD SMPN 3 Pesawaran. This is also supported by the results of hypothesis testing that was carried out in the experimental class and control class. The results of hypothesis testing with the T test obtained a value of tcount > ttable of 5.391 > 2.008. This proves that there is an influence of using the SQ3R method on the critical reading skills of class VII students at UPTD SMPN 3 Pesawaran. Keywords: SQ3R method, critical reading skills ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peniliti, seperti minat siswa dalam pembelajaran membaca sangat rendah yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, kemampuan membaca siswa dalam membaca kritis masih lemah karena siswa tidak diberi kesempatan untuk mencari dan menemukan informasi mengenai konsep yang diajarkan untuk memenuhi capaian dan tujuan pembelajaran. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII UPTD SMPN 3 Pesawaran dengan jumlah sampel sebanyak 52 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pretest dan posttest. Penelitian menunjukkan terdapat dua hipotesis. Hipotesis pertama yaitu tidak terdapat perbedaan kemampuan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hipotesis kedua terdapat perbedaan kemampuan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji hipotesis yang dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan metode SQ3R memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan membaca kritis siswa kelas VII UPTD SMPN 3 Pesawaran. Hal ini juga didukung oleh hasil uji hipotesis yang telah dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil pengujian hipotesis dengan uji T memperoleh nilai thitung > ttabel sebersar 5,391 > 2,008. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode SQ3R terhadap kemampuan membaca kritis siswa kelas VII UPTD SMPN 3 Pesawaran. Kata kunci: metode SQ3R, kemampuan membaca kritis
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 400 Bahasa > 409 Pengelolaan bahasa berhubungan dengan aspek geografis dan biografi |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia |
Pengguna Deposit: | 2308918516 . Digilib |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 08:17 |
Terakhir diubah: | 16 Dec 2024 08:17 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/80745 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |