PERENCANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG

BRAHMANTYO , ADITH PRAHMUDAFI (2024) PERENCANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ASBTRACT.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2052Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1855Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Perencanaan pembelajaran memiliki urgensi yang tinggi karena dapat meningkatkan kualitas proses belajar melalui penerapan model pembelajaran yang tepat. Dengan adanya perencanaan yang baik, pelaksanaan pembelajaran akan lebih terarah dan efektif dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Secara keseluruhan, perencanaan ini berfungsi untuk menetapkan metode yang sesuai demi mencapai hasil pembelajaran yang optimal. Penelitian ini bertujuan Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perumusan perencanaan pembelajaran seni budaya (seni musik) pada Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 4 Bandar Lampung mencakup perumusan tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran seni budaya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data penelitian didapatkan melalui hasil pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian mengenai perencanaan kurikulum Merdeka Belajar dalam pembelajaran seni budaya di SMA Negeri 4 Bandar Lampung, diperoleh hasil bahwa meskipun kurikulum tersebut telah diterapkan sesuai dengan petunjuk yang ditetapkan, hasilnya belum sepenuhnya optimal. Perencanaan pembelajaran mencakup Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, dan Alur Tujuan Pembelajaran yang sesuai dengan Keputusan Menteri Nomor 262/M/2022. Pelaksanaan pembelajaran dimulai dengan pemetaan minat siswa dan penentuan kegiatan yang fleksibel. Namun, guru masih menghadapi kesulitan dalam menerapkan diferensiasi pembelajaran karena keberagaman karakteristik siswa. Selain itu, evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan mengalami kendala dalam manajemen waktu pelaksanaan asesmen. Dengan demikian, terdapat ruang untuk perbaikan dalam penerapan kurikulum merdeka belajar di SMA N 4 Bandar Lampung. Kata Kunci : Perencanaan Pembelajaran, Merdeka Belajar, Pelaksanaan Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
700 Seni, seni rupa, kesenian
700 Seni, seni rupa, kesenian > 701 Filsafat kesenian dan keanekaragaman karya seni
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Musik
Pengguna Deposit: 2308040351 . Digilib
Date Deposited: 19 Dec 2024 02:09
Terakhir diubah: 19 Dec 2024 02:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/80827

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir