IDA, SARIHA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf Download (11Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2886Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2839Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Bandar Lampung sebanyak 323 siswa yang terdistribusi kedalam sebelas kelas yaitu kelas VIII.1 sampai VIII.11. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII.10 sebanyak 29 siswa dan kelas VIII.11 sebanyak 29 siswa. Pada penelitian ini pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design, dengan kelas VIII.11 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.10 sebagai kelas kontrol. Data pada penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis. Analisis data menggunakan uji statistik non parametrik yaitu uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran MMP lebih tinggi dibandingkan dengan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan model PBL. Meningkatnya kemampuan komunikasi matematis siswa dapat terlihat pada saat siswa berdiskusi dengan teman kelompok, siswa dapat mengkomunikasikan pendapat mereka, hal ini juga dapat terlihat pada hasil tes akhir yang telah dikerjakan secara individu. Dengan demikian, model pembelajaran MMP berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. This study aims to determine the effect of Missouri Mathematics Project (MMP) model on students' mathematical communication skills. The population of this study was all VIII grade students of SMP Negeri 19 Bandar Lampung as many as 323 students distributed into eleven classes, namely classes VIII.1 to VIII.11. The samples of this study were class VIII.10 as many as 29 students and class VIII.11 as many as 29 students selected using purposive sampling technique. The research design used was pretest posttest control group design with class VII. 11 as the experimental class and VIII. 10 as the control class. This research data is in the form of quantitative data obtained through student mathematical communication ability tests. The results showed that the average gain data of mathematical communication ability of students who followed the MMP model was higher than the average gain data of mathematical communication ability of students who followed conventional learning. The increase in students' mathematical communication skills can be seen when students discuss with a group of friends. Students can communicate their opinions, which can also be seen in the final test results that have been done individually. Thus, the MMP model has an effect on students' mathematical communication skills.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | 2308211763 . Digilib |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 04:20 |
Terakhir diubah: | 19 Dec 2024 04:20 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/80853 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |