PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Putra Rumbia Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024)

I Made , Merta (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Putra Rumbia Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Made Merta.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Made Merta.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1200Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Made Merta (1).pdf

Download (1167Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan video animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Putra Rumbia semester genap tahun pelajaran 2023/2024, yang terdistribusi dalam lima kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII E sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol, yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dengan α = 0,05 diperoleh bahwa rata-rata data gain kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti model problem based learning berbantuan video animasi lebih tinggi daripada rata-rata data gain kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti model konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning berbantuan video animasi berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Model problem based learning, video animasi, kemampuan pemecahan masalah.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 03 Feb 2025 06:35
Terakhir diubah: 03 Feb 2025 06:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81866

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir