Ni Made , Viska (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA SEMPOA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 10 METRO TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF (ABSTRAK Ni Made Viska)
Abstrak_Ni Made Viska_2013053156 - 28_Ni Made Viska.pdf Download (256Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF (FILE FULL Ni Made Viska)
Skripsi Tanpa Lampiran_Ni Made Viska_2013053156 - 28_Ni Made Viska.pdf Restricted to Hanya staf Download (1780Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF (FILE TANPA BAB PEMBAHASAN Ni Made Viska)
Skripsi Tanpa Pembahasan & Tanpa Lampiran_Ni Made Viska_2013053156 - 28_Ni Made Viska.pdf Download (1815Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD Negeri 10 Metro Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis adanya pengaruh dan peningkatan yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan bantuan media sempoa terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu “quasi experiment design” yang merupakan jenis metode penelitian dengan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas pembanding atau kelas kontrol dengan jumlah sampel 39 orang peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berbentuk tes dan non tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji regresi liniear sederhana dan uji t. Berdasarkan hasil dari teknik analisis data yang telah dilakukan menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan bantuan media sempoa terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD Negeri 10 Metro Timur. Kata kunci: contextual teaching and learning (ctl), hasil belajar, sempoa The problem in this research is the low mathematics learning outcomes of class IV students at SD Negeri 10 Metro Timur. The aim of this research is to describe and analyze the significant influence and improvement in the application of the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model with the help of abacus media on students' mathematics learning outcomes. This type of research is quantitative research with an experimental approach method. This research uses a quasi-experimental method "quasi experimental design" which is a type of research method with two classes, namely the experimental class and the comparison class or control class with a sample size of 39 students. The data collection methods used in this research took the form of tests and non-tests. The data analysis technique in this research uses a simple linear regression test and t test. Based on the results of the data analysis techniques that have been carried out, it shows that there is a significant influence on the application of the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model with the help of abacus media on the mathematics learning outcomes of class IV students at SD Negeri 10 Metro Timur. Keywords: abacus, contextual teaching and learning (ctl), learning outcomes
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
Date Deposited: | 08 Feb 2025 03:44 |
Terakhir diubah: | 08 Feb 2025 03:44 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82654 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |