PENGARUH PEMBELAJARAN PJBL TERINTEGRASI STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI

YONA , SESILIA OKTAVIANI MANURUNG (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN PJBL TERINTEGRASI STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF (ABSTRAK YONA SESILIA OKTAVIANI MANURUNG)
1. ABSTRAK - YONA SESILIA OKTAVIANI MANURUNG.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF (FILE FULL YONA SESILIA OKTAVIANI MANURUNG)
2. SKRIPSI FULL - YONA SESILIA OKTAVIANI MANURUNG.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (9Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF (FILE TANPA BAB PEMBAHASAN YONA SESILIA OKTAVIANI MANURUNG)
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN -YONA SESILIA OKTAVIANI MANURUNG.pdf

Download (9Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PjBL terintegrasi STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan proses sains peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian dilakukan dengan memberikan perlakukan berupa pembelajaran PjBL terintegrasi STEM di kelas eksperimen dan scientific approach di kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain pretest-post test nonequivalent control group. Data penelitian didapatkan dengan memberikan pretest dan post test untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif serta lembar observasi untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PjBL terintegrasi STEM berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dan meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik, dengan nilai sig.(2-tailed)<0.05. Hasil perhitungan keterampilan proses sains kelas eksperimen juga mendapatkan rata-rata presentase sebesar 75 dengan kategori tinggi, hasil ini memiliki peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang memperoleh rata-rata presentase sebesar 69 dengan kategori sedang. Dilakukan juga uji pengaruh (effect size) yang menunjukkan nilai 1.66 dengan interpretasi efektivitas ialah besar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa PjBL terintegrasi STEM berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif dan meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Kata Kunci: PjBL-STEM, Berpikir Kreatif, Keterampilan Proses Sains, Bioteknologi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 08 Feb 2025 11:06
Terakhir diubah: 08 Feb 2025 11:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82691

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir