Fara Dila , Puteri (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERDIFERENSIASI KONTEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (782Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (894Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berdiferensiasi konten terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 8 Bandarlampung. Penelitian menggunakan quasi eksperimental dengan tipe non-equivalen pretest-posttest control group design. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling terpilih kelas VII A berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C berjumlah 29 peserta didik sebagai kelas kontrol. Data kemampuan berpikir kreatif diperoleh dari hasil pretest-posttest yang dianalisis menggunakan uji Independent sample t-test dan data tanggapan peserta didik mengenai pembelajaran menggunakan model PBL berdiferensiasi konten dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif sig (2-tailed) 0,00 < 0,05 dengan hasil rata-rata N-gain lebih tinggi dengan kategori sedang (0,43) dibandingkan dengan rata-rata N-gain kelas kontrol yang termasuk kategori rendah (0,24). Indikator kemampuan berpikir kreatif yang tertinggi adalah fluency (N-gain 0,6) sedangkan kemampuan terendah pada originality (N-gain 0,38). Berdasarkan perolehan hasil angket respon peserta didik didapatkan rata-rata 96,67% berpendapat bahwa pembelajaran menggunakan model PBL berdiferensiasi konten dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBL berdiferensiasi konten berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Diferensiasi Konten, Kemampuan Berpikir Kreatif, Pencemaran Lingkungan.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2308250019 . Digilib |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 04:47 |
Terakhir diubah: | 11 Feb 2025 04:47 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82825 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |