DIANA , YOSITA (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN VIRTUAL LABORATORY PhET SIMULATION TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK_Diana Yosita - PSPB Diana Yosita.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN ISI_Diana Yosita - PSPB Diana Yosita.pdf Restricted to Hanya staf Download (2113Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN_Diana Yosita - PSPB Diana Yosita.pdf Download (1889Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan Virtual Laboratory PhET Simulation terhadap peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain penelitian Pretest Posttest Non-Equivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Liwa. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan VII.4 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik Purposive Sampling. Dalam Pembelajaran kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan Virtual Laboratory PhET Simulation, sedangkan di kelas kontrol menggunakan model inkuiri terbimbing. Hasil Uji N-gain menunjukkan rata-rata Peningkatan kemampuan literasi sains kelas eksperimen sebesar 0,53 dengan kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,28 dengan kategori rendah. Hasil uji hipotesis didapatkan nilai signifikansi 0,000 menggunakan uji Independent Sample T-Test dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic Version 26. Dilakukan juga uji pengaruh (effect size) dengan hasil nilai 1,78 dengan interpretasi efektivitas ialah besar. Dengan demikian, penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan Virtual Laboratory PhET Simulation berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing; PhET Simulation; Literasi Sains.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 04:23 |
Terakhir diubah: | 12 Feb 2025 04:23 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83221 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |