HERFINA , SELVA UTAMI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - HERFINA SELVA UTAMI.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
TESIS FULL - HERFINA SELVA UTAMI.pdf Restricted to Hanya staf Download (1677Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - HERFINA SELVA UTAMI.pdf Download (1570Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media animasi dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing yang diharapkan mampu untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian menurut ADDIE dengan lima tahapan yaitu: Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sample cluster class random sampling, populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V di Kecamatan Bumiwaras, sampel dalam penelitian ini adalah kelas V di SDN 3 Bumiwaras pada kelas VA dijadikan sebagai kelas kontrol sedangkan kelas VB dijadikan kelas eksperimen. Hasil penelitian meliputi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk. Kevalidan produk dilihat dari hasil validasi produk tergolong sangat valid, pada segi materi menunjukkan rata-rata sebesar 0,926. Segi bahasa menunjukkan rata-rata sebesar 0,849. Segi media menunjukkan rata-rata sebesar 0,913. Instrumen tes juga divalidasikan oleh validator sebagai produk penelitian menunjukkan rata-rata sebesar 0,833. Kepraktisan produk dapat dilihat dari rata-rata persentase respon pendidik sebesar 91,79% dengan interpretasi sangat praktis, sedangkan respon peserta didik sebesar 94,07% dengan interpretasi sangat praktis. Efektivitas produk dapat dilihat berdasarkan hasil perbandingan peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada kedua sampel yaitu kelas eksperimen menggunakan produk dan kelas kontrol tidak menggunakan produk. Berdasarkan hasil rekapitulasi membuktikan bahwa pada kelas eksperimen mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,79 dengan kriteria tinggi dan kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,20 dengan kriteria rendah. Kesimpulannya kelas eksperimen dengan menggunakan media animasi dalam pembelajaran model inkuiri terbimbing pada saat pembelajaran di kelas tergolong efektif, hal ini dibuktikan dengan membandingkan rata-rata persentase kedua kelas tersebut. Kata kunci: Media Animasi, Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kreatif This research aims to develop animation media in a guided inquiry learning model which is expected to be able to improve students' creative thinking skills. This research uses research methods according to ADDIE with five stages, namely: Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. The sampling technique used in this research is cluster class random sampling, the population of this research is class V students in Bumiwaras District, the sample in this research is class V at SDN 3 Bumiwaras in class VA is used as a control class while class VB is used as an experimental class . Research results include product validity, practicality and effectiveness. Product validity seen from the product validation results is classified as very valid, in terms of material it shows an average of 0.926. The language aspect shows an average of 0.849. The media aspect shows an average of 0.913. The test instrument was also validated by the validator as a research product showing an average of 0.833. The practicality of the product can be seen from the average percentage of educators' responses of 91.79% with very practical interpretations, while student responses were 94.07% with very practical interpretations. The effectiveness of the product can be seen based on the comparison results of increasing students' creative thinking skills in the two samples, namely the experimental class using the product and the control class not using the product. Based on the recapitulation results, it was proven that the experimental class got an N-Gain value of 0.79 with high criteria and the control class got an N-Gain value of 0.20 with low criteria. In conclusion, the experimental class using animation media based on the guided inquiry learning model during classroom learning is classified as effective, this is proven by comparing the average percentage of the two classes. Keywords: Animation Media, Guided Inquiry, Creative Thinking
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD |
Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 07:32 |
Terakhir diubah: | 12 Feb 2025 07:32 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83289 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |