EFEKTIVITAS LEMBAGA PERLINDUNGAN KONSUMEN SWADAYA MASYARAKAT DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN TERHADAP KONSUMEN LEMBAGA PEMBIAYAAN (Studi Pada Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Provinsi Lampung)

Ryan , Petric R Siagian (2024) EFEKTIVITAS LEMBAGA PERLINDUNGAN KONSUMEN SWADAYA MASYARAKAT DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN TERHADAP KONSUMEN LEMBAGA PEMBIAYAAN (Studi Pada Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Provinsi Lampung). HUKUM, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Ryan Petric R Siagian.pdf

Download (568Kb) | Preview
[img] File PDF
skripsi full - Ryan Petric R Siagian.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (734Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
skripsi full tanpa bab pembahasan - affan computer.pdf

Download (757Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Konsumen yang menggunakan jasa lembaga pembiayaan dalam membeli kendaraan bermotor seringkali dirugikan oleh pelaku usaha karena lemahnya kedudukan konsumen akan hak-haknya. YLKI Lampung dibentuk untuk melindungi konsumen dari pelaku usaha yang dapat merugikan konsumen. Penelitian ini mengkaji bentuk perlindungan yang dilaksanakan oleh YLKI Lampung selaku LPKSM dalam melindungi konsumen lembaga pembiayaan dan efektivitas hukum LPKSM dalam melindungi konsumen lembaga pembiayaan. Penelitian ini adalah penelitian normatif-empiris dengan pendekatan undang-undang (statute approach) dan pendekat live-case study. Data yang digunakan data primer yang diperoleh langsung dari YLKI Lampung dan data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, sekunder, tersier. Metode pengumpulan data dengan studi kepustakaan, wawancara, dan studi dokumen. Metode pengolahan data melalui seleksi data, pemeriksaan data, klasifikasi data, dan penyusunan data. Analisis data data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa YLKI Lampung dalam melaksanakan perlindungan konsumen pengguna jasa lembaga pembiayaan. Dilakukan dengan menyelesaikan perkara secara mediasi antara konsumen dengan pelaku usaha. Efektivitas YLKI Lampung dalam memberikan perlindungan konsumen menunjukkan kurang sepenuhnya efektif. Hal ini dapat dilihat dari beberapa tolok ukur efektivitas yang memengaruhi keberhasilan YLKI Lampung dalam menjalankan tugasnya. Seperti faktor hukum yang kurang memberikan yang lebih leluasa terhadap ruang gerak YLKI Lampung. Selain itu, faktor penegakkan hukum, dimana YLKI Lampung menjadi pihak yang meyelesaikan sengketa konsumen melalui mediasi, yang seharusnya dilaksanakan oleh BPSK. Pada sisi lain, penyelesaian sengketa yang diselesaikan YLKI Lampung dengan cara mediasi menunjukkan 80% berhasil dengan kesepakatan dari lima perkara yang ditangani. Kata Kunci: Efektivitas, Lembaga Pembiayaan, YLKI, Perlindungan Konsumen

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 12 Feb 2025 08:24
Terakhir diubah: 12 Feb 2025 08:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83320

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir