Ryan , Petric R Siagian (2024) EFEKTIVITAS LEMBAGA PERLINDUNGAN KONSUMEN SWADAYA MASYARAKAT DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN TERHADAP KONSUMEN LEMBAGA PEMBIAYAAN (Studi Pada Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Provinsi Lampung). HUKUM, UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
ABSTRAK - Ryan Petric R Siagian.pdf Download (568Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
skripsi full - Ryan Petric R Siagian.pdf Restricted to Hanya staf Download (734Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
skripsi full tanpa bab pembahasan - affan computer.pdf Download (757Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Konsumen yang menggunakan jasa lembaga pembiayaan dalam membeli kendaraan bermotor seringkali dirugikan oleh pelaku usaha karena lemahnya kedudukan konsumen akan hak-haknya. YLKI Lampung dibentuk untuk melindungi konsumen dari pelaku usaha yang dapat merugikan konsumen. Penelitian ini mengkaji bentuk perlindungan yang dilaksanakan oleh YLKI Lampung selaku LPKSM dalam melindungi konsumen lembaga pembiayaan dan efektivitas hukum LPKSM dalam melindungi konsumen lembaga pembiayaan. Penelitian ini adalah penelitian normatif-empiris dengan pendekatan undang-undang (statute approach) dan pendekat live-case study. Data yang digunakan data primer yang diperoleh langsung dari YLKI Lampung dan data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, sekunder, tersier. Metode pengumpulan data dengan studi kepustakaan, wawancara, dan studi dokumen. Metode pengolahan data melalui seleksi data, pemeriksaan data, klasifikasi data, dan penyusunan data. Analisis data data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa YLKI Lampung dalam melaksanakan perlindungan konsumen pengguna jasa lembaga pembiayaan. Dilakukan dengan menyelesaikan perkara secara mediasi antara konsumen dengan pelaku usaha. Efektivitas YLKI Lampung dalam memberikan perlindungan konsumen menunjukkan kurang sepenuhnya efektif. Hal ini dapat dilihat dari beberapa tolok ukur efektivitas yang memengaruhi keberhasilan YLKI Lampung dalam menjalankan tugasnya. Seperti faktor hukum yang kurang memberikan yang lebih leluasa terhadap ruang gerak YLKI Lampung. Selain itu, faktor penegakkan hukum, dimana YLKI Lampung menjadi pihak yang meyelesaikan sengketa konsumen melalui mediasi, yang seharusnya dilaksanakan oleh BPSK. Pada sisi lain, penyelesaian sengketa yang diselesaikan YLKI Lampung dengan cara mediasi menunjukkan 80% berhasil dengan kesepakatan dari lima perkara yang ditangani. Kata Kunci: Efektivitas, Lembaga Pembiayaan, YLKI, Perlindungan Konsumen
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum |
Program Studi: | Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1 |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 08:24 |
Terakhir diubah: | 12 Feb 2025 08:24 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83320 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |