PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI UNTUK PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM

ANISAH , FADHILAH (2024) PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI UNTUK PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ANISAH FADHILAH.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - ANISAH FADHILAH.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2916Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - ANISAH FADHILAH.pdf

Download (1740Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik, kelayakan, kemenarikan serta kemudahan dari produk yang telah dikembangkan berupa video interaktif materi hukum Newton tentang gravitasi untuk pembelajaran flipped classroom berorientasi kepada kemampuan berpikir sistem. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang memiliki tahapan melakukan analisis produk, desain produk, pengembangan produk dan evaluasi. Penilaian yang digunakan untuk menguji validitas dan uji kepraktisan yang terdiri dari uji ahli materi dan media video oleh dua dosen pendidikan fisika Universitas Lampung dan uji 1-1 oleh 6 orang siswa. Berdasarkan uji yang telah dilakukan, didapatkan skor 3,19 dengan kategori valid untuk uji validitas materi dan skor 3,25 dengan kategori valid untuk uji validasi media dan desain. Hasil uji kemenarikan mendapatkan skor 3,45 dengan kategori sangat menarik, uji kemudahan mendapatkan skor 3,39 dengan kategori sangat mudah. Sehingga dihasilkan produk video interaktif materi hukum Newton tentang gravitasi untuk pembelajaran flipped classroom berorientasi pada kemampuan berpikir sistem yang memenuhi karakteristik dari segi materi maupun segi tampilan konten yang berorientasi pada isi termasuk interaktifitas berupa sematan soal, grafis, audio dan lain sebagainya. Sehingga siswa dapat merespon secara aktif dalam proses pembelajaran dengan desain yang dikemas secara menarik, praktis, serta interaktif. Kata kunci: Video Interaktif, Hukum Gravitasi Newton, Flipped Classroom, Kemampuan Berpikir Sistem

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 14 Feb 2025 07:28
Terakhir diubah: 14 Feb 2025 07:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83775

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir