ATIKKOTUNNAJIAH, - (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN SUSTAINABILITY LITERACY BAGI SISWA SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Atikkotunnajiah _.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
FULL SKRIPSI - Atikkotunnajiah _.pdf Restricted to Hanya staf Download (1961Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
FULL SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Atikkotunnajiah _.pdf Download (1148Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan pengembangan LKPD karena minimnya pengembangan LKPD pada materi perubahan iklim. Kondisi ini mengakibatkan kurangnya sumber belajar yang memadai bagi siswa untuk memahami dampak dan solusi terkait perubahan iklim. Hal ini penting agar siswa dapat memahami isu-isu terkait perubahan iklim secara mendalam dan terstruktur melalui materi pembelajaran yang relevan dan efektif. Metode penelitian menggunakan Design and Development Research (DDR) yang terdiri dari empat tahap: analysis, design, development, dan evaluation yang dilakukan dengan penilaian untuk uji validitas dan uji kepraktisan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di MTs Al-Hikmah yang terdiri dari 15 peserta didik, dan responden pada uji validasi terdiri dari 3 ahli yang terdiri dari 2 dosen pendidikan fisika, dan guru mata pelajaran IPA. Instrumen penelitian yang digunakan menggunakan angket respon siswa pada uji keterbacaan dan angket uji validasi untuk ahli. Pada hasil uji validitas untuk uji media dan desain didapatkan skor sebesar 3,51 dengan kategori sangat valid, dan untuk uji validasi pada materi dan konstruk diperoleh skor sebesar 3,32 dengan kategori sangat valid. Hasil uji keterbacaan diperoleh skor rata-rata sebesar sebesar 87,08% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik yang dikembangkan valid dan sangat baik. Hasil penelitian ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk melatih peserta didik dalam meningkatkan sustainability literacy dengan syarat telah dilakukan uji keefektifan. Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Perubahan Iklim, Problem- based Learning, Sustainability Literacy.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 08:15 |
Terakhir diubah: | 14 Feb 2025 08:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83818 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |