PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN SUSTAINABILITY LITERACY BAGI SISWA SMP

ATIKKOTUNNAJIAH, - (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN SUSTAINABILITY LITERACY BAGI SISWA SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Atikkotunnajiah _.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL SKRIPSI - Atikkotunnajiah _.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1961Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FULL SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Atikkotunnajiah _.pdf

Download (1148Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan pengembangan LKPD karena minimnya pengembangan LKPD pada materi perubahan iklim. Kondisi ini mengakibatkan kurangnya sumber belajar yang memadai bagi siswa untuk memahami dampak dan solusi terkait perubahan iklim. Hal ini penting agar siswa dapat memahami isu-isu terkait perubahan iklim secara mendalam dan terstruktur melalui materi pembelajaran yang relevan dan efektif. Metode penelitian menggunakan Design and Development Research (DDR) yang terdiri dari empat tahap: analysis, design, development, dan evaluation yang dilakukan dengan penilaian untuk uji validitas dan uji kepraktisan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di MTs Al-Hikmah yang terdiri dari 15 peserta didik, dan responden pada uji validasi terdiri dari 3 ahli yang terdiri dari 2 dosen pendidikan fisika, dan guru mata pelajaran IPA. Instrumen penelitian yang digunakan menggunakan angket respon siswa pada uji keterbacaan dan angket uji validasi untuk ahli. Pada hasil uji validitas untuk uji media dan desain didapatkan skor sebesar 3,51 dengan kategori sangat valid, dan untuk uji validasi pada materi dan konstruk diperoleh skor sebesar 3,32 dengan kategori sangat valid. Hasil uji keterbacaan diperoleh skor rata-rata sebesar sebesar 87,08% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik yang dikembangkan valid dan sangat baik. Hasil penelitian ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk melatih peserta didik dalam meningkatkan sustainability literacy dengan syarat telah dilakukan uji keefektifan. Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Perubahan Iklim, Problem- based Learning, Sustainability Literacy.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 14 Feb 2025 08:15
Terakhir diubah: 14 Feb 2025 08:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83818

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir