Ika , Thalia Pratiwi (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK TWO TIER BERBASIS GOOGLE FORM UNTUK MENGUKUR MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ENERGI DAN BENTUK-BENTUK ENERGI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
Abstrak - Ika Thalia Pratiwi.pdf Download (246Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
Skripsi - Ika Thalia Pratiwi.pdf Restricted to Hanya staf Download (2581Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
bab 1-dapus tampa bab 4 - Ika Thalia Pratiwi.pdf Download (2215Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes diagnostik two tier berbasis google form untuk mengukur miskonsepsi siswa pada materi energi dan bentuk-bentuk energi yang valid dan reliabel. Penelitian pengembangan ini menggunakan 4 tahapan pengembangan yang diadaptasi dari Thiagarajan (1974), yakni: (1) define; (2) design; (3) develop; (4) disseminate. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli pendidikan fisika dan satu guru mata pelajaran fisika untuk menilai aspek konstruk, materi, dan bahasa. Berdasarkan hasil validasi ahli instrumen tes diagnostik two tier memiliki hasil sebesar 87,7% dinyatakan sangat valid. Instrumen tes diagnostik two tier berbasis google form untuk mengukur miskonsepsi siswa diujicobakan kepada 30 siswa dan selanjutnya dianalisis menggunakan model Rasch dengan berbantuan software Ministep 5.6.2. Berdasarkan hasil analisis data uji coba diperoleh sebanyak 20 butir soal instrumen tes diagnostik two tier untuk mengukur miskonsepsi siswa valid. Soal-soal pada instrumen tes diagnostik two tier untuk mengukur miskonsepsi siswa dinyatakan reliabel dengan nilai alpha Cronbach sebesar 0,66 dengan kategori cukup. Produk akhir dari instrumen yang telah dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan instrumen yaitu valid dan reliabel. Kata kunci: Instrumen tes, miskonsepsi, google form, energi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 02:16 |
Terakhir diubah: | 18 Feb 2025 02:16 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84147 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |