KESULITAN BELAJAR TARI KLANA RAJA PADA MAHASISWA ANGKATAN 2020 PRODI PENDIDIKAN TARI UNIVERSITAS LAMPUNG

Syafitri, Kurnia Putri (2024) KESULITAN BELAJAR TARI KLANA RAJA PADA MAHASISWA ANGKATAN 2020 PRODI PENDIDIKAN TARI UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - Syafitri Kurnia Putri.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Syafitri Kurnia Putri.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1147Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Syafitri Kurnia Putri.pdf

Download (1094Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan belajar yang dialami oleh mahasiswa angkatan 2020 pada materi tari Klana Raja di Program Studi Pendidikan Tari Universitas Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian survei, yang bertujuan untuk menggambarkan permasalahan berdasarkan fakta dan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Responden penelitian melibatkan dosen pengampu mata kuliah tata Jawa dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Tari angkatan 2020 yang telah menempuh mata kuliah tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara. Kuesioner terdiri dari 51 pernyataan yang mengacu pada dua indikator kesulitan belajar, yaitu internal dan eksternal. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, dengan menghitung rata-rata (Mean) dan persentase (%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesulitan belajar mahasiswa angkatan 2020 terhadap materi tari Klana Raja di Program Studi Pendidikan Tari Universitas Lampung memiliki persentase sebesar 66,03% dan nilai rata-rata (Mean) sebesar 2,64. Temuan ini mengindikasikan bahwa kesulitan belajar dipengaruhi oleh dua faktor utama, yakni faktor intelegensi, mencapai persentase sebesar 83,49% dengan kategori sangat tinggi, dan faktor latar belakang kebudayaan, mencapai persentase sebesar 80,18% dengan kategori sangat tinggi. Kata Kunci: Kesulitan belajar, mahasiswa, tari Klana Raja. This research aims to identify the factors contributing to learning difficulties experienced by students of the 2020 cohort in the subject of Klana Raja dance in the Dance Education Program at Lampung University. The research method employed is quantitative with a survey research design, aimed at illustrating issues based on facts and data obtained from the research results. The research participants include the lecturers teaching Javanese dance and students of the 2020 cohort in the Dance Education Program who have taken the course. Data collection was conducted through questionnaires and interviews. The questionnaire consisted of 51 statements referring to two indicators of learning difficulties, namely internal and external. The collected data was then analyzed using descriptive statistical analysis techniques, calculating the Mean and percentage. The research findings indicate that the level of learning difficulties among students of the 2020 cohort in the Klana Raja dance subject in the Dance Education Program at Lampung University has a percentage of 66.03% and a Mean value of 2.64. These findings suggest that learning difficulties are influenced by two main factors: intelligence factor, reaching a percentage of 83.49% with a very high category, and cultural background factor, reaching a percentage of 80.18% with a very high category. Keywords: Difficulties in learning, students, Klana Raja dance.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
700 Seni, seni rupa, kesenian
700 Seni, seni rupa, kesenian > 780 Musik
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 18 Feb 2025 06:36
Terakhir diubah: 18 Feb 2025 06:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84256

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir