DINI, ANDRIANI (2024) PROFIL KOMPETENSI LITERASI VISUAL DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH MELALUI IMPLEMENTASI AKTIVITAS PJBL-STEM BERBANTUAN E-MODUL INTERAKTIF. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
3. ABSTRAK - DINI ANDRIANI.pdf Download (184Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. DRAF FULL TANPA LAMPIRAN - DINI ANDRIANI.pdf Restricted to Hanya staf Download (2875Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
1. DRAFT UPLOAD DIGILIB- TANPA PEMBAHASAN LAMPIRAN - Copy - DINI ANDRIANI.pdf Download (1524Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan validitas e-Modul interaktif berbasis PjBL-STEM yang telah dikembangkan, mendeskripsikan profil kompetensi literasi visual dan keterampilan komunikasi ilmiah siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen validitas uji kelayakan oleh dua ahli. Profil kompetensi litersi visual dan keterampilan komunikasi ilmiah dideskripsikan dengan metode analisis kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil validasi ahli menunjukkan validasi produk mendapatkan rata-rata persentase sebesar 77,92% yang berkriteria tinggi, maka produk ini valid. Rata-rata persentasi validasi oleh praktisi diperoleh sebesar 88,37% dengan kriteria sangat tinggi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan profil kompetensi literasi visual melalui implementasi aktivitas PjBL-STEM berbantuan e-Modul interaktif menunjukkan bahwa indikator kompetensi literasi visual pada aspek visualisasi memproleh persentase tertinggi sebesar 57,14% peserta didik berkategorikan sangat baik, sedangkan pada aspek penalaran visual sebanyak sebanyak 52,38% peserta didik berada pada kategori kurang. Profil keterampilan komunikasi ilmiah menunjukkan bahwa indikator kajian literatur memperoleh persentase tertinggi 71,44% dengan kategori tinggi. Kata kunci: Aktivitas PjBL-STEM; e-Modul Interaktif; Profil Keterampilan Komunikasi Ilmiah; Profil Kompetensi Literasi Visual This research aims to describe the validity of the PjBL-STEM based interactive e- Module that has been developed, describing the profile of students' visual literacy competencies and scientific communication skills. The instrument used in this research is a feasibility test validity instrument by two experts. The visual literacy competency profile and scientific communication skills are described using descriptive quantitative analysis methods. Based on expert validation results, it shows that product validation has an average percentage of 77.92%, which has high criteria, so this product is valid. The average percentage of validation by practitioners was 88.37% with very high criteria. The results of the descriptive analysis show the profile of visual literacy competency through the implementation of PjBL-STEM activities assisted by interactive e-Modules showing that the visual literacy competency indicator in the visualization aspect obtained the highest percentage of 57.14% of students categorized as very good, while in the visual reasoning aspect it was 52. 38% of students are in the poor category. The profile of scientific communication skills shows that the literature review indicator obtained the highest percentage of 71.44% in the high category. Keywords: Communication Skills Profile, Interactive e-Module; Scientific; PjBL-STEM activity; Visual Literacy Competency Profile
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 501 Filsafat dan teori ilmu pengetahuan alam |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 07:14 |
Terakhir diubah: | 18 Feb 2025 07:14 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84272 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |