RANCANG BANGUN GAME EDUKASI AWAL BERDIRINYA KERAJAAN MAJAPAHIT MENGGUNAKAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE

VADELLA , NIKITA AYUMI (2024) RANCANG BANGUN GAME EDUKASI AWAL BERDIRINYA KERAJAAN MAJAPAHIT MENGGUNAKAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1917051054_abstrak - Vadella Nikita Ayumi.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
1917051054_tanpalampiran - Vadella Nikita Ayumi.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
1917051054_tanpapembahasan - Vadella Nikita Ayumi.pdf

Download (2291Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Dalam pembelajaran sejarah secara konvensional, siswa sering merasa proses belajar membosankan sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Role Playing Game (RPG) cocok untuk menjadi genre game pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi pembelajaran sejarah berdirinya kerajaan Majapahit yang interaktif, menarik dan mudah dipahami oleh siswa SMA. RPG adalah game yang pemainnya memiliki peran dalam sebuah alur cerita. Pengembangan game ini menggunakan RPG Maker dengan metode Game Development Life Cycle (GDLC). Tahapan dalam GDLC yaitu initiation, pre-production, production, testing, beta dan release. Pada tahap beta testing, diperoleh hasil 92% (sangat baik) sehingga game ini interaktif, menarik dan mudah dipahami. Pengujian pretest dan posttest terhadap 20 responden yang terdiri dari siswa SMA menyatakan nilai setelah bermain game sebesar 88% dan nilai pembelajaran konvensional hanya 31%. Hal ini menunjukan bahwa game ini lebih efektif digunakan untuk media pembelajaran. Game dapat diunduh pada situs itch.io dan diinstal pada desktop yang menggunakan sistem operasi Microsoft Windows. Kata kunci: GDLC, Game Edukasi, Role Playing Game, Sejarah Majapahit In conventional history learning, students often find the learning process boring, which requires interactive and engaging learning media. Role-Playing Game (RPG) is suitable to be used as a genre for history learning games. This research aims to develop an educational game about the history of the founding of the Majapahit Kingdom that is interactive, engaging, and easy to understand for high school students. RPG is a game where players take on roles in a storyline. The development of this game uses RPG Maker with the Game Development Life Cycle (GDLC) method. The stages in GDLC include initiation, pre-production, production, testing, beta, and release. During the beta testing stage, a score of 92% (very good) was achieved, indicating that this game is interactive, engaging, and easy to understand. Pretest and posttest evaluations with 20 high school student respondents showed that the average score after playing the game was 88%, while the score for conventional learning was only 31%. This indicates that the game is more effective for learning. The game can be downloaded from the itch.io website and installed on desktops using the Microsoft Windows operating system. Keywords: GDLC, Educational Game, Role Playing Game, Majapahit History

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Ilmu Komputer
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 18 Feb 2025 08:46
Terakhir diubah: 18 Feb 2025 08:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84360

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir