RATIH , OKTASARI (2024) MATERI KAYUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) SEBAGAI PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK BAHAN AJAR SISWA KELAS XI SMA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3249Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2698Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Keterbatasan pemahaman materi Kayunan dalam Pelajaran Bahasa Lampung di kelas XI dan kurangnya minat siswa untuk belajar Bahasa Lampung mengakibatkan siswa mendapatkan nilai standar dikelas oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk menggungkapkan permasalahan dan menghasilkan produk berupa Materi Kayunan dengan Model pembelajaran TGT (Team Games Tournament)sebagai pengembangan E-Modul untuk Bahan Ajar Siswa dan mendeskripsikan kelayakan untuk mata pelajaran bahasa Lampung di sekolah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D). Desain pengembangan menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick dan Carry dengan menggunakan 5 tahapan, meliputi Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluate (evaluasi). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMA YP Unila Bandar Lampung. Uji kelayakan produk di validasi oleh penilaian validator ahli materi, ahli media, dan praktisi, serta uji coba skala kecil dan uji coba skala besar terhadap siswa kelas XI SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian validator ahli materi memperoleh nilai rata-rata persentase 91,25, penilaian validator ahli media memperoleh nilai rata-rata persentase 96, penilaian validator praktisi b ah as a l am p u n g memperoleh nilai rata-rata persentase 98,75, hasil uji coba penilaian siswa skala kecil memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 83,1, dan hasil uji coba penilaian siswa skala besar memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 84,35. Hasil rata-rata keseluruhan penilaian mendapatkan persentase sebesar 90,69. Dapat disimpulkan bahwa produk E-Modul Materi Kayunan untuk Siswa Kelas XI SMA dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Lampung. Kata Kunci: E-Modul, Materi Kayunan,TGT (Team Games Tournament).
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Daerah |
Pengguna Deposit: | 2308549412 . Digilib |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 07:58 |
Terakhir diubah: | 19 Feb 2025 07:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84553 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |