PENGARUH PENGGUNAAN WEVERSE TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN AFEKSI (Studi pada Dewasa Awal Member Weverse BTS di Provinsi Lampung)

Rosa , Agustina Azzahra (2024) PENGARUH PENGGUNAAN WEVERSE TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN AFEKSI (Studi pada Dewasa Awal Member Weverse BTS di Provinsi Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK -Rosa Agustina Azzahra.pdf

Download (2228Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Rosa Agustina Azzahra.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2215Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Rosa Agustina Azzahra.pdf

Download (2228Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Era digital saat ini, telah terjadi perkembangan pesat di ranah media digital informasi menjadi mudah diakses melalui platform digital karena kemajuan teknologi. Big-Hit Entertainment, agensi pembentuk boyband BTS, telah memanfaatkan penyebaran informasi ini untuk lebih terhubung dengan penggemar mereka (ARMY) dengan menggunakan media sosial weverse, weverse merupakan aplikasi resmi khusus untuk meng-hosting konten media dan komunikasi antara penggemar dan idola secara langsung serta sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan afeksi penggemar. Rumusan masalah penelitian ini adalah berapa besar pengaruh penggunaan weverse sebagai pemenuhan kebutuhan afeksi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif melalui survei dengan instrumen kemudian data yang di dapat dilakukan uji hipotesis mulai dari analisis regresi sederhana, uji t dan uji koefisien determinasi (R2 ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan weverse memiliki pengaruh sebesar 12.3% terhadap pemenuhan kebutuhan afeksi penggemar (ARMY) Bangtan Soenyondan (BTS). Besarnya pengaruh penggunaan media weverse didorong oleh pengaruh media sosial yang membantu memenuhi kebutuhan afeksi para penggunanya. Selain itu media weverse memungkinkan pengguna untuk dengan cepat dan akurat mendapatkan informasi mengenai BTS. Tingginya popularitas aplikasi weverse juga tercermin dalam jumlah populasi penggunanya. Hal ini menunjukkan pentingnya peran aplikasi digital weverse dalam memenuhi kebutuhan afeksi para penggemar Kata Kunci: Weverse, Kebutuhan Afeksi, Bangtan Soenyondan (BTS). In the current digital era, there has been rapid development in the realm of digital media, information has become easily accessible via digital platforms due to technological advances. Big-Hit Entertainment, forming agencyboyband BTS, has taken advantage of the spread of this information to better connect with their fans (ARMY) by using social mediaweaver, weaveris an official application specifically for hosting media content and communication between fans and idols directly as well as a way to meet fans' affection needs. The formulation of the research problem is how big the influence of use isweaver as fulfillment of affection needs. This research uses a quantitative approach method through surveys with instruments, then the data can be tested for hypotheses starting from simple regression analysis, t test and coefficient of determination test (R2 ). The research results show that the useweaverhas an influence of 12.3% on fulfilling the affection needs of fans (ARMY) Bangtan Soenyondan (BTS). The magnitude of the influence of media useweaver driven by the influence of social media which helps meet the affection needs of its users. Apart from that, mediaweaver allows users to quickly and accurately obtain information regarding BTS. High popularity of the applicationweaver is also reflected in the number of user populations. This shows the important role of digital applicationsweaver in meeting the affection needs of fans Keywords: Weverse, Affection Needs, Bangtan Soenyondan (BTS).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 20 Feb 2025 01:16
Terakhir diubah: 20 Feb 2025 01:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84655

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir