MOHAMAD , WISNU JATI (2024) ID, EGO, SUPER EGO, DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SIRKUS POHON KARYA ANDREA HIRATA SERTA IMPLIKASINYA SEBAGAI PENUNJANG BAHAN AJAR DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (182Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1774Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1558Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Id, Ego, Superego tokoh utama dan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata, serta relevansinya sebagai materi pembelajaran sastra di sekolah menengah atas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra Freud, menggunakan sumber data dari dokumen novel dan wawancara dengan guru sekolah menengah atas. Hasil penelitian menemukan bahwa tokoh utama pada novel Sirkus Pohon mengungkapkan protagonis memiliki superego tinggi, antagonis memiliki id dan ego tinggi, sedangkan tokoh lainya memiliki unsur id, ego, dan superego. Novel ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar karena mengandung nilai pendidikan karakter yang relevan dengan siswa SMA. Melalui tokoh-tokoh yang beragam dan alur cerita yang inspiratif, novel Sirkus Pohon menyampaikan pesan tentang keteguhan hati, kerja keras, empati, dan keberagaman. Cerita perjuangan dan optimisme dalam menghadapi tantangan hidup memberikan contoh nyata bagi siswa tentang pentingnya resiliensi dan sikap positif. Dengan pendekatan pembelajaran yang interaktif dan kolaboratif, novel ini tidak hanya mengembangkan kemampuan analitis dan kreatif siswa, tetapi juga memperkuat nilai-nilai moral dan sosial, menjadikannya alat yang efektif dalam Kurikulum Merdeka Fase F. Kata kunci: psikologi sastra, nilai pendidikan karakter, novel Sirkus Pohon, Bahan Ajar SMA
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 2308166508 . Digilib |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 03:11 |
Terakhir diubah: | 21 Feb 2025 03:11 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84775 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |