PENGEMBANGAN PERMAINAN ULAR TANGGA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MATERI IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 METRO BARAT

Resti , Septika (2024) PENGEMBANGAN PERMAINAN ULAR TANGGA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MATERI IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 METRO BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - 41_Resti Septika _ 6A.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - 41_Resti Septika _ 6A.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2072Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
BAB 1, 2, 3, 5 - 41_Resti Septika _ 6A.pdf

Download (1673Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Metro Barat pada pembelajaran muatan IPS. Hal tersebut dibuktikan dari nilai hasil UTS IPS peserta didik kelas VB yang tuntas hanya 41,7% saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan media permainan ular tangga berbasis PBL yang dapat diterapkan pada pembelajaran muatan IPS. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Reseach and Development dengan model penelitian 4D yang terdiri dari empat tahap yaitu Define, Design, Develop dan Desseminate. Populasi penelitian berjumlah 30 dan sampel yang digunakan 12 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan tes berupa soal pretest- posttest. Hasil penelitian berdasarkan hasil validasi para ahli yaitu ahli materi 81,53%, ahli bahasa 84,04% dan ahli media 81,53%, dengan rata-rata validasi ketiga ahli 82,36% kriteria penilaian valid yaitu “Sangat layak” serta hasil uji N-Gain mendapat score sebesar 0,76 dengan kriteria nilai N-Gain “Tinggi”, maka presentase score N-Gain media permainan ular tangga berbasis PBL masuk kategori “Efektif” digunakan dalam pembelajaran muatan IPS untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Metro Barat. Kata kunci : media ular tangga, PBL, hasil belajar The problem that occurs in this study is the low learning outcomes of fifth grade students of SD Negeri 1 Metro Barat in learning social studies content. This is evidenced from the results of the social studies test results of VB class students who completed only 41.7%. The purpose of this research is to be able to improve the learning outcomes of students with snakes and ladders game media that can be applied to social studies content. The type of research used is Reseach and Development with 4D research model which consists of four stages namely Define, Design, Develop and Desseminate. The study population amounted to 30 and the sample used was 12 students. Data collection techniques in this study were interviews, observations and tests in the form of pretest-posttest questions. The results of the study based on the results of the validation of experts, namely material experts 81.53%, linguists 84.04% and media experts 81.53%, with an average validation of the three experts 82.36% valid assessment criteria that is "Very feasible" and the results of the N-Gain test got a score of 0.76 with the N- Gain value criteria "High", then the N-Gain score percentage of snakes and ladders game media is in the "Effective" category used in learning social studies content to improve the learning outcomes of fifth grade students of SD Negeri 1 Metro Barat. Keywords: snakes and ladders media, PBL, learning outcomes

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 20 Feb 2025 13:55
Terakhir diubah: 20 Feb 2025 13:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84799

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir