PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL INFOGRAFIS TIMELINE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 10 DI SMAN 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Putri , Dalila Shabrina (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL INFOGRAFIS TIMELINE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 10 DI SMAN 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - Putri Dalila Shabrina.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Putri Dalila Shabrina.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMABAHASAN - Putri Dalila Shabrina.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Tercapainya suatu tujuan pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan media pembelajaran. Salah satu komponen yang perlu mendapat perhatian dalam perencanaan pembelajaran adalah pemilihan media pembelajaran yang sesuai dan cocok untuk materi yang di ajarkan dan juga untuk menarik perhatian para siswa dalam belajar. Salah satu media pembelajarn yang dapat digunakan adalah media pembelajaran visual infografis timeline. Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh media pembelajaran infografis terhadap hasil belajar kognitif siswa?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, dengan penentuan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, sedangkan data penelitian dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji T (Parsial) dan uji Paired Sample T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan media pembelajaran visual infografis timeline terhadap hasil belajar kognitif siswa ditunjukkan dengan nilai thitung 3,469 > ttabel 2,039 dan nilai signifikansi (Sig.) 0,002 < 0,05. Kemudia hasil uji Paired sample t-test nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang mana dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran visual infografis timeline terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran sejarah. Kata Kunci : infografis timeline, hasil belajar kognitif, media pembelajaran, pembelajran sejarah. ABSTRACT THE INFLUENCE OF THE USE OF TIMELINE INFOGRAPHIC VISUAL LEARNING MEDIA ON STUDENTS' COGNITIVE LEARNING OUTCOMES IN HISTORY LEARNING CLASS XI IPS 10 AT SMAN 13 BANDAR LAMPUNG ACADEMIC YEAR 2023/2024 By Putri Dalila Shabrina The achievement of a learning goal can be seen from the learning outcomes obtained by students. One way to improve student learning outcomes is by using learning media. One component that needs attention in learning planning is the selection of appropriate learning media for the material being taught and also to attract students' attention in learning. One of the learning media that can be used is the visual learning media, timeline infographics. The formulation of the research problem is whether there is an influence of infographic learning media on student learning outcomes? This research uses an experimental research method, with sample determination using a nonprobability sampling technique with a saturated sampling type. The data collection technique used was a test, while the research data was analyzed quantitatively using the T test (Partial) and Paired Sample Ttest. The results of this research indicate that there is an influence of the application of timeline infographic visual learning media on students' cognitive learning outcomes as indicated by the tcount value of 3.469 > ttable 2.039 and the significance value (Sig.) 0.002 < 0.05. Then the results of the Paired sample t-test have a Sig (2-tailed) value of 0.000 < 0.05. Based on the results of this research, it can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted, which can be concluded that there is a significant influence of the use of timeline infographic visual learning media on students' cognitive learning outcomes in history learning. Keywords : timeline infographics, cognitive learning outcomes, learning media, history learning.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 26 Feb 2025 14:29
Terakhir diubah: 26 Feb 2025 14:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85074

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir