Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Metode Penemuan di SDN 1 Rajabasa Jaya Bandar Lampung

, Yuhanna (2011) Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Metode Penemuan di SDN 1 Rajabasa Jaya Bandar Lampung. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Cover.pdf - Published Version

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Asbtrak.pdf - Published Version

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Mengesahkan.pdf - Published Version

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Pengesahan.pdf - Published Version

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Pengesahan.pdf - Published Version

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (182Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (115Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (116Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB Iv.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (331Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (150Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
all.pdf - Published Version

Download (177Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Lampiran.pdf - Published Version

Download (798Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Updated Version

Download (358Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan pengamatan, pembelajaran IPA di SDN 1 Rajabasa Jaya masih berpusat pada guru. Dalam pembelajaranya guru hanya menggunakan metode ceramah saja. Pemberian contoh masih secara lisan, siswa jarang dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran melalui praktek atau eksperimen untuk menemukan konsep IPA, regulasi guru tidak tuntas, guru sudah melanjutkan penjelasan berikutnya, sangat sedikit variasi pembelajaran IPA karena guru tidak menggunakan media pembelajaran yang bermakna dan nyata untuk mengembangkan pengetahuan. Dalam hal ini tujuan penggunaan metode penemuan adalah untuk meningkatka hasil belajar IPA kelas IV SDN 1 Rajabasa Jaya Bandar Lampung. Metode penelitian ini menggunakan metode penemuan yang dilaksanakan selama tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I dengan jumlah siswa yang aktif 25. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam bentuk siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) pengamatan tindakan/observasi, dan 4) refleksi. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil analisis aktivitas belajar siswa meningkat dari 47 persen pada siklus I menjadi 74 persen pada siklus II, selanjutnya pada siklus III naik lagi menjadi 83 persen, begitu juga hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, dab siklus III mengalami peningkatan. Pada akhir siklus aktivitas belajas siswa meningkat begitu juga hasil belajar mengalami kenaikan di atas KKM yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan, wujud keberhasilan dalam melakukan tindakan, yaitu: 1) adanya peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa, 2) kegiatan belajar mengajar menjadi menarik sehingga siswa tidak jenuh, 3) siswa dapat mengikuti proses pembelajaran menggunakan metode penemuan dengan hasil baik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > BF Psychology
> > BF Psychology

> L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 30 Jan 2014 07:29
Terakhir diubah: 30 Jan 2014 07:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/853

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir