PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO DENGAN APLIKASI INSHOT PADA MATERI BUDI DAYA TANAMAN OBAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP

NUR IMAN , PUTRI. K (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO DENGAN APLIKASI INSHOT PADA MATERI BUDI DAYA TANAMAN OBAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (253Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2994Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2289Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan potensi dan kondisi dikembangkannya produk, proses pengembangan, efektivitas, efisiensi, dan kemenarikan produk video pembelajaran dengan bantuan aplikasi InShot untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode Research and Development dengan model Borg & Gall dan diujikan kepada 78 peserta didik kelas VIII. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dengan guru Prakarya dan observasi lapangan. Peneliti mendapatkan informasi berdasarkan observasi yang dilakukan yakni kurangnya sarana dalam melakukan praktik budi daya tanaman obat, rendahnya prestasi belajar peserta didik kelas VIII, dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Berdasarkan analisis potensi dan kondisi di sekolah diperlukan pengembengan media video pembelajaran dengan bantuan aplikasi InShot untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik; 2) Proses pengembangan media video melibatkan validasi ahli desain, materin dan desain dengan rata-rata hasil validasi sebesar 90,3% dengan kriteria sangat layak; 3) Keefektifan penggunaan media video pembelajaran dengan bantuan aplikasi InShot termasuk efektif dengan kriteria tinggi berdasarkan hasil rata-rata N-Gain sebesar 0,70; 4) Keefisienan penggunaan media video pembelajaran dengan bantuan aplikasi InShot termasuk efisien untuk digunakan di dalam kelas dengan kriteria tinggi yang memperoleh rasio sebesar 1,02; dan 5) Kemenarikan media video pembelajaran dengan bantuan aplikasi InShot termasuk ke dalam kriteria sangat menarik dengan rata-rata persentase 84,90%. Secara keseluruhan, media video pembelajaran dengan bantuan aplikasi InShot berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP. Kata Kunci: InShot, Media Video Pembelajaran, Hasil Belajar This study aims to describe the potential and conditions for product development, the development process, effectiveness, efficiency, and attractiveness of learning video products with the help of the InShot application to improve student learning outcomes. The method used in this research is the Research and Development method with the Borg & Gall model and was tested on 78 grade VIII students. Data collection was obtained through interviews with workshop teachers and field observations. Researchers obtained information based on observations made, namely the lack of facilities in carrying out the practice of cultivation of medicinal plants, the low learning achievement of class VIII students, and the lack of use of learning media. The results of the study showed: 1) Based on the analysis of potential and conditions at school, it is necessary to develop learning video media with the help of the InShot application to improve student learning outcomes; 2) The video media development process involves validation of design, material and design experts with an average validation result of 90.3% with very feasible criteria; 3) The effectiveness of using learning video media with the help of the InShot application is effective with high criteria based on the average N-Gain result of 0.70; 4) The efficiency of using learning video media with the help of the InShot application is efficient for use in the classroom with high criteria which obtained a ratio of 1.02; and 5) The attractiveness of learning video media with the help of the InShot application is included in the very attractive criteria with an average percentage of 84.90%. Overall, learning video media with the help of the InShot application has an effect in improving the learning outcomes of students in grade VIII SMP. Keywords: InShot, Learning Video Media, Learning Outcomes

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: 2308920494 . Digilib
Date Deposited: 17 Apr 2025 07:32
Terakhir diubah: 17 Apr 2025 07:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86226

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir