SITI , NURHALIZAH (2025) PERSONAL BRANDING ANGGOTA LEGISLATIF TERPILIH DALAM PEMILIHAN UMUM TAHUN 2024 (Studi di Partai Keadilan Sejahtera Provinsi Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2359Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1062Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pemilihan umum sangat erat kaitannya dengan masalah politik dan pergantian pemimpin. Dalam sebuah negara demokrasi, pemilu merupakan salah satu pilar utama dari sebuah proses akumulasi kehendak rakyat. Pemilu diselenggarakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Pada pemilu legislatif 2024 Partai Keadilan Sejahtera mengalami penurunan jumlah kursi di DPRD Provinsi Lampung, dari 9 kursi pada periode sebelumnya menjadi 7. Penurunan jumlah kursi PKS di DPRD tidak dapat dijelaskan hanya melalui satu faktor, namun lemahnya personal branding menjadi salah satu aspek krusial yang mencerminkan kegagalan dalam membangun kedekatan emosional dan citra politik yang kuat di mata konstituen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara kepada anggota legislatif terpilih serta Ketua Tim Bapilu Partai Keadilan Sejahtera dan tentunya Akademisi atau Pengamat Politik untuk mempertajam hasil penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teori marketing politik Adman Nursal yaitu Push, Pull, dan Pass marketing politik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kampanye yang dilakukan oleh anggota legislatif terpilih yaitu strategi push marketing atau tatap muka secara langsung dengan masyarakat. Selain strategi push marketing, strategi Pull atau strategi membangun personal branding melalui media baik media sosial maupun media konvensional tetap dioptimalkan. Selain kedua pendekatan di atas, didukung juga dengan pendekatan pass marketing politik atau pendekatan melalui tokoh-tokoh masyarakat maupun kelompok-kelompok sosial. Kata Kunci : Pemilu Legislatif, Personal branding, Marketing politik, Anggota Legislatif Terpilih, Partai Keadilan Sejahtera
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial |
Program Studi: | Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Pemerintahan |
Pengguna Deposit: | 2308422726 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 05:27 |
Terakhir diubah: | 22 Apr 2025 05:27 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86441 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |