EXPERIENTIAL MARKETING DALAM PERTUNJUKAN TARI UJIAN AKHIR KOREOGRAFI PENDIDIKAN (Skripsi)

Yumna Anis , Dhiyafaatin (2025) EXPERIENTIAL MARKETING DALAM PERTUNJUKAN TARI UJIAN AKHIR KOREOGRAFI PENDIDIKAN (Skripsi). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (255Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (10Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMABAHASAN.pdf

Download (10Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pertunjukan tari dalam ujian akhir komposisi koreografi Pendidikan dengan tema Choreography Gleaming Variety tahun 2024 yang diselenggarakan oleh mahasiswa Pendidikan Tari 2022 Universitas Lampung, tidak hanya berfungsi sebagai bentuk evaluasi akademik, tetapi juga sebagai sarana membangun pengalaman estetis bagi penonton. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan daya tarik pertunjukan tari melalui pendekatan experiential marketing, yang melibatkan lima elemen utama: sense, feel, act, think, dan relate. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan kuesioner. Kuesioner dalam penelitian ini berisi 17 pertanyaan dengan lima elemen utama sense, feel, act, think, dan relate. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penonton sejumlah 30 orang dan pihak penyelenggara yaitu mahasiswa Pendidikan tari 2022 sebanyak 15 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek sense (sensorik) melalui pencahayaan, kostum, dan tata panggung berperan penting dalam menarik perhatian penonton. Elemen feel (emosi) berkontribusi dalam menciptakan keterikatan melalui ekspresi dan narasi dalam koreografi. Act (tindakan) tampak dari partisipasi aktif penonton dalam merespons pertunjukan, sementara think (pemikiran) mendorong interpretasi artistik yang lebih mendalam. Terakhir, aspek relate (hubungan sosial dan budaya) memperkuat keterkaitan antara seni pertunjukan dengan identitas budaya lokal. Berdasarkan hasil tersebut menunjukan bahwa penerapan strategi experiential marketing dapat meningkatkan daya tarik pertunjukan tari serta memperkaya pengalaman penonton. Implikasi dari temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam pengembangan strategi penyajian seni pertunjukan yang lebih interaktif dan berkesan. Kata kunci: experiential marketing, pertunjukan tari, koreografi pendidikan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
700 Seni, seni rupa, kesenian
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 2308639210 . Digilib
Date Deposited: 06 May 2025 07:31
Terakhir diubah: 06 May 2025 07:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86502

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir