PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS OBAK (OBSERVASI, BERPIKIR ANALISIS, DAN KOMUNIKASI) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS VIII SMP/MTs DI SMP NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG

ANISA , KHUSNUL HOTIMAH (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS OBAK (OBSERVASI, BERPIKIR ANALISIS, DAN KOMUNIKASI) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS VIII SMP/MTs DI SMP NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2011Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (997Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis OBAK pada materi sistem pencernaan dan mengetahui kelayakan LKPD serta mengetahui efektifitas LKPD terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil di SMPN 15 Bandar Lampung. Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4D (Define, Design, Develop, dan Desseminate). Sampel diambil menggunakan teknik random sampling, diperoleh kelas VIII 1 sebanyak 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 5 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, angket, dan test. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh skor kelayakan LKPD dari ahli materi sebesar 94,3% kriteria “Sangat Layak”, ahli bahasa sebesar 86,25% kriteria “Sangat Layak”, ahli media sebesar 82,6% kriteria “Sangat Layak”, dan ahli praktisi sebesar 80% kriteria “Sangat Layak”. Kemudian produk diuji coba skala kecil memperoleh skor kelayakan sebesar 86,41% kriteria “Sangat Layak”, uji coba skala besar memperoleh skor kelayakan sebesar 90,07% kriteria “Sangat Layak”, dan dari hasil nilai pretest-postest pada kelas eksperimen yang menggunakan LKPD berbasis OBAK mendapat skor nilai N-gain sebesar 0,57 kriteria “sedang” serta dari hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05. Dari hasil perhitungan menggunakan effect size didapatkan skor sebesar 1,75 dengan kategori besar. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dan perhitungan effect size dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas penggunaan LKPD berbasis OBAK terhadap hasil belajar kognitif peserta didik dan dapat digunakan sebagai bahan ajar IPA SMP yang berperan dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Kata kunci: LKPD, model pembelajaran OBAK, Hasil belajar kognitif, Sistem pencernaan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308442438 . Digilib
Date Deposited: 06 May 2025 07:44
Terakhir diubah: 06 May 2025 07:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86520

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir