PENGARUH PENDIDIKAN MORAL TERHADAP PENCEGAHAN PERILAKU CYBERBULLYING MAHASISWA PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN UNIVERSITAS LAMPUNG

YULIA, WAHYU SAPUTRI (2024) PENGARUH PENDIDIKAN MORAL TERHADAP PENCEGAHAN PERILAKU CYBERBULLYING MAHASISWA PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK -Yulia Wahyu Saputri - Yulia Wahyu Saputri.pdf

Download (149Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL-Yulia Wahyu Saputri - Yulia Wahyu Saputri.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2987Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN REVISI-Yulia Wahyu Saputri - Yulia Wahyu Saputri.pdf

Download (2720Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan moral terhadap pencegahan perilaku cyberbullying mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa angkatan 2021, 2022 dan 2023. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 75 responden. Teknik pengumpulan data yaitu tes, angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan regresi liner sederhana dengan menggunakan SPSS20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pendidikan moral terhadap pencegahan perilaku cyberbullying mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Lampung, besarnya presentase pengaruh yaitu 51% pendidikan moral terhadap pencegahan perilaku cyberbullying. Dengan demikian, terdapat pengaruh pendidikan moral terhadap pencegahan perilaku cyberbullying mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Lampung. Kata Kunci: pendidikan moral, cyberbullying The aim of this research is to determine the effect of moral education on preventing cyberbullying behavior at Pancasila and Citizenship Education students at the University of Lampung. The research method used in this research is a descriptive method with a quantitative approach. The research subjects were students from the classes of 2021, 2022 and 2023. The sample in this study consisted of 75 respondents. Data collection techniques are tests, questionnaires and interviews. The data analysis technique uses simple linear regression using SPSS20. The results of the research show that there is a positive and significant influence of moral education on preventing cyberbullying behavior for Pancasila and Citizenship Education students at the University of Lampung, the percentage of influence is 51% of moral education on preventing cyberbullying behavior. Thus, there is an influence of moral education on preventing cyberbullying behavior of Pancasila and Citizenship Education students at the University of Lampung. Keywords: moral education, cyberbullying

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 08 May 2025 01:56
Terakhir diubah: 08 May 2025 01:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86768

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir