ANALISIS PRIORITAS PEMBANGUNAN PRASARANA JARINGAN JALAN MENGGUNAKAN METODE AHP (Studi Kasus : Jalan Penghubung Ibu Kota Kecamatan di Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung)

ALDI , DWI MAWARDI (2024) ANALISIS PRIORITAS PEMBANGUNAN PRASARANA JARINGAN JALAN MENGGUNAKAN METODE AHP (Studi Kasus : Jalan Penghubung Ibu Kota Kecamatan di Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak Aldi Dwi Mawardi 2025011019 - Aldi Mawardi.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img] File PDF
Full Tesis Aldi Dwi Mawardi 2025011019 - Aldi Mawardi.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2981Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Tesis without BAB 4 Aldi Dwi Mawardi 2025011019 - Aldi Mawardi.pdf

Download (2315Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kabupaten Mesuji terletak di ujung utara Provinsi Lampung, berbatasan dengan kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dan Kabupaten Ogan Komeling Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan, dan berada pada jalur jalan nasional menghubungkan Provinsi Lampung dengan kota-kota besar di Pulau Sumatera. Wilayah Kabupaten Mesuji merupakan daerah agraris, mata pencaharian pokok penduduknya dominan berada di sektor pertanian. Selain komoditi ubi kayu, hasil perkebunan yang paling dominan yaitu karet dan kelapa sawit. Kedua komoditas andalan ini memberikan sumbangan yang besar terhadap perekonomian di Pulau Sumatera. Kemudian produksi padi di Kabupaten Mesuji juga relatif tinggi, dan keberadaan beberapa perusahaan perkebunan, seperti perkebunan sawit, karet, singkong (bahan tepung tapioka), dan tambak atau perikanan di sekitar Sungai Mesuji, menjadi potensi demand dalam kegiatan transportasi. Namun dengan potensi yang dimiliki Kabupaten Mesuji tidak didukung dengan kemudahan akses transportasi yang semestinya. Penilaian prioritas pembangunan jalan dilakukan untuk mengatahui tingkat kepentingan pembangunan jalan penghubung ibu kota kecamatan di Kabupaten Mesuji. Berdasarkan analisis AHP skala prioritas dengan mempertimbangkan kondisi eksisting ruas jalan dan spasial keruangan wilayah studi, menunjukkan nilai skala prioritas utama pembangungan jalan dilakukan pada ruas jalan E dengan nilai skala prioritas sebesar 0,4425. Prioritas ruas jalan kedua adalah ruas jalan F dengan skala prioritas sebesar 0,2516. Prioritas ruas jalan ketiga adalah ruas jalan D dengan nilai skala prioritas sebesar 0,2325. Prioritas ruas jalan keempat yaitu ruas jalan A dengan nilai skala prioritas sebesar 0,2220. Prioritas ruas jalan kelima adalah ruas jalan B dengan nilai skala prioritas sebesar 0,2184. Dan prioritas ruas jalan terakhir yaitu pada ruas jalan C dengan nilai skala prioritas sebesar 0,1803. Kata kunci : skala prioritas , pembangunan, AHP Mesuji Regency is located at the northern tip of Lampung Province, borders Ogan Komering Ulu (OKU) and Ogan Komeling Ilir (OKI) Regency, South Sumatra Province, and is on the national road that connects Lampung Province with large cities on Sumatra Island. The Mesuji Regency area is an agricultural area, the main livelihood of the population is predominantly in the agricultural sector. Apart from cassava, the most dominant plantation products are rubber and palm oil. These two mainstay commodities make a big contribution to the economy on the island of Sumatra. Then rice production in Mesuji Regency is also relatively high, and the existence of several plantation companies, such as palm oil, rubber, cassava (tapioca starch) plantations, and ponds or fisheries around the Mesuji River, is a potential demand for transportation activities. However, the potential that Mesuji Regency has is not supported by the ease of transportation access that it should have. The development road priority assessment was carried out to determine the level of importance of building roads connecting sub-district capitals in Mesuji Regency. Based on the AHP analysis of the priority scale, taking into account the condition of existing roads and the spatial extent of the study area, it shows the main priority scale value for road construction carried out on road section E with a priority scale value of 0.4425. The second priority road section is road section F with a priority scale of 0.2516. The third priority road section is road section D with a priority scale value of 0.2325. The fourth priority road section is road A with a priority scale value of 0.2220. The fifth priority road section is road section B with a priority scale value of 0.2184. And the priority for the last road section is road section C with a priority scale value of 0.1803. _________ Keywords: priority scale, development, AHP

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: FAKULTAS TEKNIK (FT) > Prodi S2-Magister Teknik Sipil
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 08 May 2025 08:53
Terakhir diubah: 08 May 2025 08:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86867

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir