VERANIKA, PANJAITAN (2024) PENGARUH PENGGUNAAN SOFTWARE EVERYONE PIANO TERHADAP PENINGKATAN KEPEKAAN NADA SISWA DI SMP NEGERI 5 KAUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - veranika Panjaitan.pdf Download (295Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL - veranika Panjaitan.pdf Restricted to Hanya staf Download (6Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - veranika Panjaitan.pdf Download (5Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Software Everyone Piano Terhadap Peningkatan Kepekaan Nada Siswa di SMP Negeri 5 Kaur. Jenis penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui akibat yang ditimbulkan dari suatu perlakuan yang diberikan secara sengaja oleh peneliti. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa/I Paduan suara SMP Negeri 5 Kaur sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini, yaitu tes, observasi dan dokumentasi sebagai data dukung penelitian. Pada penelitian ini menggunakan hasil pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, dan uji sign test. Hasil analisis yang digunakan adalah sign test (uji tanda). Menunjukkan hasil bahwa pengaruh Penggunaan Software Everyone Piano Terhadap Peningkatan Kepekaan Nada Siswa di SMP Negeri 5 Kaur berpengaruh terhadap peningkatan kepekaan nada siswa, dapat dilihat dari sebelum diberikan treatment menunjukkan hasil nilai rata-rata pre-test adalah 48,13 dan post-test 71,36. Dari hasil tersebut berarti ada pengaruh Software Everyone Piano terhadap peningkatan kepekaan nada siswa di SMP Negeri 5 Kaur. Dengan perhitungan uji sign test (uji tanda) dengan nilai signifikansi 0,000 < nilai 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima. Penelitian ini memberikan saran agar penggunaan Software Everyone Piano menambah wawasan bagi peneliti lain khususnya mengenai pengaruh penggunaan Software Everyone Piano terhadap peningkatan kepekaan nada pada siswa. Kata kunci: Software dan Kepekaan Nada This study aims to determine the effect of the Use of Everyone Piano Software on Increasing Student Tone Sensitivity at SMP Negeri 5 Kaur. This type of research is a quantitative experimental method that aims to determine the effects caused by a treatment given intentionally by the researcher. The sample in this study were 30 students of SMP Negeri 5 Kaur choir. Data collection techniques used in this study, namely tests, observation and documentation as supporting data for research. In this study using pre-test and post-test results. Data analysis techniques used are normality test, and sign test. The results of the analysis used are sign test. Shows the results that the effect of the Use of Everyone Piano Software on Increasing the Tone Sensitivity of Students at SMP Negeri 5 Kaur has an effect on increasing the sensitivity of student tones, it can be seen from before treatment shows the results of the average pre-test value is 48.13 and post-test 71.36. From these results, it means that there is an effect of Everyone Piano Software on increasing the sensitivity of student tone in SMP Negeri 5 Kaur. With the calculation of the sign test with a significance value of 0.000 <0.05 value. So it can be concluded that the hypothesis proposed in this study can be accepted. This study provides suggestions so that the use of Everyone Piano Software adds insight for other researchers, especially regarding the use of Everyone Piano Software. Keywords: Software and Tone Sensitivity
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa 700 Seni, seni rupa, kesenian |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Seni Drama, dan Tari |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 15 May 2025 09:58 |
Terakhir diubah: | 15 May 2025 09:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87132 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |