FAURIZA, AGUSTINA (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 1 SIDOKERTO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf Download (65Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2470Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2196Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif di kelas IV A SD Negeri 1 Sidokerto karena terbatasnya variasi model pembelajaran yang belum diterapkan secara optimal di kelas sehingga membuat peserta didik sulit untuk mengembangkan kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan pada penerapan model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPAS dan mengetahui perbedaan yang signifikan penerapan model Project Based Learning. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Populasi dan sampel penelitian adalah 34 peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPAS yang ditunjukan dengan regresi linear sederhana diperoleh nilai signifikansi 0,002 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji independent sample t test menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: Kemampuan berpikir kreatif, model project based learning
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2308644133 . Digilib |
Date Deposited: | 23 May 2025 03:59 |
Terakhir diubah: | 23 May 2025 03:59 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87466 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |