PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 1 SIDOKERTO

FAURIZA, AGUSTINA (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 1 SIDOKERTO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (65Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2470Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2196Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif di kelas IV A SD Negeri 1 Sidokerto karena terbatasnya variasi model pembelajaran yang belum diterapkan secara optimal di kelas sehingga membuat peserta didik sulit untuk mengembangkan kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan pada penerapan model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPAS dan mengetahui perbedaan yang signifikan penerapan model Project Based Learning. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Populasi dan sampel penelitian adalah 34 peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPAS yang ditunjukan dengan regresi linear sederhana diperoleh nilai signifikansi 0,002 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji independent sample t test menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: Kemampuan berpikir kreatif, model project based learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308644133 . Digilib
Date Deposited: 23 May 2025 03:59
Terakhir diubah: 23 May 2025 03:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87466

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir