PENGEMBANGAN MODUL BERBANTUAN ASSEMBLR STUDIO PADA MATERI PERANGKAT JARINGAN FIBER OPTIK KELAS X DI SMK NEGERI 1 BELITANG MADANG RAYA

DEWI , RIA LATIFAH (2025) PENGEMBANGAN MODUL BERBANTUAN ASSEMBLR STUDIO PADA MATERI PERANGKAT JARINGAN FIBER OPTIK KELAS X DI SMK NEGERI 1 BELITANG MADANG RAYA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2634Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2052Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbantuan assemblr studio dengan karakteristik valid, praktis, dan efektif pada materi perangkat jaringan fiber optik untuk siswa kelas X di SMK Negeri 1 Belitang Madang Raya. Keterbatasan variasi bahan ajar dan perangkat jaringan fiber optik menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan model 4D. Produk yang dihasilkan berupa media Augmented Reality yang dapat diakses dengan memindai barcode melalui aplikasi Assemblr Studio, dan dapat dijalankan pada perangkat Android, iOS, maupun komputer. Hasil uji validitas dari ahli materi menunjukkan skor 97,9%, sedangkan dari ahli media sebesar 94,2%, keduanya tergolong sangat valid. Uji kepraktisan menunjukkan hasil yang sangat praktis, dengan skor 90,9% dari pendidik dan 82,3% dari peserta didik. Untuk uji efektivitas, nilai N-gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dan hasil Paired Sample T-test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, modul berbantuan Assemblr Studio dinyatakan layak, praktis, dan efektif digunakan sebagai bahan ajar bagi peserta didik. Kata Kunci : Modul, Assemblr Studio, Augmented Reality, Fiber Optik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Pengguna Deposit: 2308893501 . Digilib
Date Deposited: 23 May 2025 08:12
Terakhir diubah: 23 May 2025 08:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87602

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir