PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DENGAN MARKER MENGGUNAKAN MindAR PADA MATERI PERANGKAT KERAS KOMPUTER DI SMPN 2 SUMBEREJO

CHRISTINA, FEBIOLA SINAGA (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DENGAN MARKER MENGGUNAKAN MindAR PADA MATERI PERANGKAT KERAS KOMPUTER DI SMPN 2 SUMBEREJO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (252Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2462Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1475Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) menggunakan Flashcard sebagai alat bantu dalam memahami perangkat keras komputer bagi peserta didik. Pengembangan media ini menggunakan model 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate) dengan jenis penelitian Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket untuk memperoleh data kevalidan dan kepraktisan media, serta pelaksanaan tes untuk mengukur efektivitas media terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Uji validitas media pembelajaran dilakukan melalui penilaian oleh ahli materi dan ahli media, sedangkan uji kepraktisan melibatkan guru mata pelajaran Informatika serta peserta didik di SMPN 2 Sumberejo. Uji efektivitas media pembelajaran menggunakan metode one-group pre-test post-test dengan sampel penelitian peserta didik kelas VIII.3 SMPN 2 Sumberejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi materi memperoleh skor sebesar 77,60% dengan kategori validitas tinggi, sedangkan validasi media mencapai 93,5% dengan kategori validitas sangat tinggi. Uji kepraktisan yang diperoleh melalui angket respons pengguna menunjukkan bahwa penilaian dari guru mencapai 84,17% dan dari peserta didik sebesar 82,4%, sehingga media pembelajaran ini dikategorikan sebagai sangat praktis. Sementara itu, hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa skor N-gain mencapai 67,18%, yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran Flashcard dengan marker ini terbukti valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran mata pelajaran informatika, khususnya pada materi Perangkat Keras Komputer. Kata Kunci: augmented reality, flashcard, media pembelajaran, perangkat keras komputer.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Pengguna Deposit: 2308928036 . Digilib
Date Deposited: 23 May 2025 08:49
Terakhir diubah: 23 May 2025 08:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87605

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir