PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI GUGUS I METRO PUSAT

A. Zahra , Intan Sucia (2025) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI GUGUS I METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2451Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2044Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru sekolah dasar di Gugus I Metro Pusat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto, yang berarti penelitian non eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Jumlah populasi guru berjumlah 110 orang guru dari 6 (enam) SD di Gugus I Metro Pusat. Peneliti menggunakan rumus Yamane sehingga menghasilkan 86 guru yang akan peneliti gunakan sebagai data sampel penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan diukur dengan skala likert. Berdasarkan pengolahan data hasil perhitungan program SPSS Versi 25, diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,823 dan memperoleh keputusan melalui teknik uji-t menghasilkan Thitung (9,360) > Ttabel (1,663) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < (0,05), maka H0 ditolak. Selain itu, diperkuat berdasarkan uji koefisien determinasi (KD) atau R2 sebesar 0,511 atau sebesar 51,1%. Oleh karena itu, artinya variabel gaya kepemimpinan transformasional (X) menerangkan variabel kinerja guru (Y) sebesar 51,1%, sedangkan sisanya yaitu 48,9% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru sekolah dasar di Gugus 1 Metro Pusat, dari ke-6 tempat penelitian bahwa kepemimpinan kepala sekolah memberikan kontribusi yang sangat baik dalam meningkatkan kinerja guru. Kata kunci: gaya kepemimpinan transformasional, kinerja guru

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308395604 . Digilib
Date Deposited: 26 May 2025 07:27
Terakhir diubah: 26 May 2025 07:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87667

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir