PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

FAUZAN, AL AZIZ (2025) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1558Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1436Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian membahas masalah tentang rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 2 Metro Selatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education atau RME terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen Design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian sebanyak 43 peserta didik yang ditentukan menggunakan purposive sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non-tes. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian terdapat pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kritis kritis peserta didik kelas IV SD pada mata pelajaran matematika. Besarnya pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yakni sebesar 88,5% dengan sisa 11,5% dapat dipengaruhi oleh variabel maupun faktor lain yang tidak masuk ke dalam penelitian. Kata Kunci: realistic mathematics education, rme, berpikir kritis, matematika

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308412139 . Digilib
Date Deposited: 02 Jun 2025 02:50
Terakhir diubah: 02 Jun 2025 02:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87842

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir