IMPELEMENTASI INSTRUMENASSESSMENT FOR LEARNING(AFL) PADA PROJECT BASED LEARNING(PJBL)UNTUK MEMETAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOLABORATIF PESERTA DIDIK SMA DI KECAMATAN NATAR

WINA, KEMALA SARI (2025) IMPELEMENTASI INSTRUMENASSESSMENT FOR LEARNING(AFL) PADA PROJECT BASED LEARNING(PJBL)UNTUK MEMETAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOLABORATIF PESERTA DIDIK SMA DI KECAMATAN NATAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3189Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3116Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan instrumen Assessment for Learning (AfL) pada Project Based Learning (PjBL) untuk memetakan kemampuan berpikir kreatif dan kolaboratif peserta didik pada tiga SMA dengan status berbeda di Kecamatan Natar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik pemetaan kemampuan melalui soal uraian untuk kemampuan berpikir kreatif, serta instrumen self assessment dan peer assessment berbasis rubrik untuk kemampuan kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi AfL bervariasi antar sekolah. SMA Swasta Keagamaan menunjukkan tingkat implementasi AfL dan capaian kemampuan peserta didik yang paling tinggi, baik dalam aspek berpikir kreatif maupun kolaboratif. Hal ini didukung oleh karakteristik peserta didik yang disiplin dan terbiasa dengan pembelajaran berbasis nilai religius dan tanggung jawab kolektif. Temuan ini menunjukkan pentingnya konsistensi pelaksanaan AfL dan peran lingkungan sekolah dalam membentuk keterampilan abad ke-21. Kata Kunci: Assessment for Learning, Berpikir kreatif, Kolaboratif, Pemetaan kemampuan berpikir kreatif dan kolaboratif, Project Based Learnin

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308539119 . Digilib
Date Deposited: 03 Jun 2025 07:33
Terakhir diubah: 03 Jun 2025 07:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87965

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir