PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI TEORI TUMBUKAN BERORIENTASI PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP

WAYAN , DELLA PRIYANI (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI TEORI TUMBUKAN BERORIENTASI PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - wayan. della300319 (2).pdf

Download (114Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL DAN PEMBAHASAN - wayan. della300319 (1).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - wayan. della300319 (1).pdf

Download (2512Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif berbasis representasi kimia pada materi teori tumbukan berorientasi peningkatan pemahaman konsep, mendeskripsikan karakteristik, tanggapan guru, dan tanggapan peserta didik serta mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pengembangan e-modul. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian pengembangan Borg and Gall yang dilakukan sampai pada tahap kelima dari sepuluh tahap yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan produk, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, dan revisi hasil uji coba. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket analisis kebutuhan pengembangan yang diberikan kepada guru dan peserta didik, angket validasi ahli, angket tanggapan guru dan peserta didik. Teknik analisis data dilakukan dengan menghitung persentase angket responden. Hasil validasi ahli pada aspek kesesuaian isi dengan kurikulum memiliki rata-rata persentase 89,5% dan aspek konstruksi sebesar 89,3% dengan kategori tinggi. Hasil uji coba lapangan awal dilakukan dengan meminta tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi dan konstruksi. Tanggapan peserta didik meliputi aspek kemenarikan dan keterbacaan. Hasil tanggapan guru aspek kesesuaian isi dengan kurikulum memiliki rata-rata persentase 99,7% dan aspek konstruksi sebesar 98,4% dengan katogeri tinggi. Hasil tanggapan peserta didik aspek kemenarikan sebesar 93,7% dan aspek keterbacaan 82,9% dengan kategori tinggi. Berdasarkan hal tersebut e-modul berbasis representasi kimia pada materi teori tumbukan berorientasi peningkatan pemahaman konsep valid dan layak digunakan. Kata kunci : E-modul, representasi kimia, teori tumbukan, pemahaman konsep

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 04 Jun 2025 01:34
Terakhir diubah: 04 Jun 2025 01:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88024

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir