PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI HUKUM TERMODINAMIKA

Ni, Komang Satyawati (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI HUKUM TERMODINAMIKA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (340Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3108Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1513Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi menggunakan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi hukum termodinamika. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Seputih Raman pada semester genap tahun ajaran 2024/2025, menggunakan sampel penelitian kelas XI.3 dan XI.4. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan jenis one group pretest posttes desain. Teknik pengambilan data kemampuan berpikir kritis mengunakan teknik tes, dengan 10 butir soal essai dengan indikator kemampuan berpikir kritis. Analisis data menggunakan uji Paired Sample T-test dan uji One Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan model discovery learning berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan dapat mereduksi potensi perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis antar gaya belajar visual, auditori, kinestetik pada materi hukum termodinamika. Hal ini dapat dilihat dari tidak terdapat perbedaan rata-rata n-gain kemampuan berpikir kritis antara gaya belajar visual, auditori, kinestetik. Kata Kunci: Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Berdiferensiasi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2301540955 . Digilib
Date Deposited: 13 Jun 2025 01:39
Terakhir diubah: 13 Jun 2025 01:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88463

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir