YENA , AULIA (2025) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XII IPS MAN 1 PESISIR BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1372Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1073Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Latar belakang penelitian ini adalah belum optimalnya hasil belajar ekonomi siswa yang diduga dipengaruhi oleh rendahnya kemandirian belajar, kurangnya perhatian orang tua, serta minat belajar siswa yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar ekonomi dengan memperhatikan minat belajar siswa di kelas XII IPS MAN 1 Pesisir Barat. Penelitian ini menggunakan metode verifikasi deskriptif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS MAN 1 Pesisir Barat dengan jumlah 70 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Pengujian hipotesis sebagian dilakukan melalui uji t dan secara bersamaan dilakukan melalui uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar dan perhatian orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa dengan memperhatikan minat belajar. Namun, pengaruh tersebut tidak dominan karena masih terdapat faktor lain yang juga memengaruhi hasil belajar ekonomi siswa kelas XII IPS MAN 1 Pesisir Barat. Kata kunci: Hasil Belajar, Kemandirian Belajar, Minat Belajar, Perhatian Orang Tua The background of this study is the suboptimal results of students' economic learning which are thought to be influenced by low learning independence, lack of parental attention, and varying student learning interests. This study aims to determine the effect of learning independence and parental attention on economic learning outcomes by paying attention to student learning interests in class XII IPS MAN 1 Pesisir Barat. This study uses a descriptive verification method with an ex post facto approach. The population in this study were all students of class XII IPS MAN 1 Pesisir Barat with a total of 70 students. The number of samples in this study was 70 students with a sampling technique of saturated sampling. Hypothesis testing was partially carried out through the t test and simultaneously carried out through the F test. The results of the study indicate that learning independence and parental attention have an effect on students' economic learning outcomes by paying attention to learning interests. However, this influence is not dominant because there are still other factors that also affect the economic learning outcomes of class XII IPS students of MAN 1 Pesisir Barat Keywords: Learning Independence, Learning Interest, Learning Outcomes, Parental Attention
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | 2308446948 . Digilib |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 01:26 |
Terakhir diubah: | 13 Jun 2025 01:26 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88485 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |