ELIA, ROSA (2025) KUALITAS PELAYANAN PENANGGULANGAN BENCANA PADA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG. ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (179Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2274Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1574Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Bencana alam merupakan peristiwa atau serangkaian peristiwa yang mengancam atau mempengaruhi kehidupan dan penghidupan manusia yang disebabkan oleh fenomena alam. Sepanjang tahun 2023, berbagai jenis bencana telah melanda Kota Bandar Lampung yaitu 13 peristiwa bencana banjir, 7 tanah longsor, 1 angin puting beliung, dan 115 pohon tumbang. Maka dari itu pentingnya penyelenggaraan penanggulangan bencana yang dilakukan BPBD Kota Bandar Lampung untuk menilai kualitas pelayanan penanggulangan bencana. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kualitas pelayanan penanggulangan bencana pada badan penanggulangan bencana daerah kota Bandar lampung berdasarkan pp nomor 21 tahun 2008. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah tipe deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang menjadi organisasi dalam penanganan bencana, memiliki kewenangan yang diperkuat melalui PP Nomor 21 tahun 2008 sehingga BPBD dalam mengambil tindakan cepat pada saat penanggulangan bencana tanpa harus menunggu persetujuan pemerintah daerah. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa BPBD sejauh ini berdasarkan tahapan pra bencana masih terdapat beberapa kekurangan dalam melaksanakan kewajibannya terutama terkait prasarana dan petugas kurang aktif dalam sosialisasi masyarakat sehingga perlu ditingkatkan dan diperbaiki. Pada tahap saat bencana, petugas BPBD sudah cukup baik dalam merespon laporan masyarakat dan berperan aktif untuk bekerjasama dan berkoordinasi dengan instansi terkait. Kemudian pada tahap pasca bencana petugas BPBD kurang maksimal dalam dalam membantu proses pemulihan pasca bencana karena kurangnya aktif dalam peran pasca bencana. Kata kunci: Kualitas, Bencana, Manajemen Bencana, Pemerintah Daerah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Natural disasters are events or a series of events that threaten or influence human life and livelihood caused by natural phenomena. Throughout 2023, various types of disasters have hit Bandar Lampung City, namely 13 floods, 7 landslides, 1 tornado, and 75 fallen trees. Therefore the importance of organizing disaster management carried out by the Bandar Lampung City BPBD to assess the quality of disaster management services. The purpose of this study is to analyze the quality of disaster management services at the Bandar Lampung City Disaster Management Agency based on PP No. 21 of 2008. The method used in this study is a descriptive type with a qualitative approach, namely through interviews, documentation and observations. The results of this study show that the Regional Disaster Management Agency (BPBD) which is an organization in disaster management, has the authority strengthened through PP No. 21 of 2008 so that BPBD in taking quick action during disaster management without having to wait for the approval of the local government. This study shows the results that BPBD so far based on the pre -disaster stages there are still some shortcomings in carrying out their obligations, especially related to infrastructure and officers are less active in community socialization so it needs to be improved and improved. At the stage of the disaster, BPBD officers are good enough in responding to community reports and playing an active role to work together and coordinate with related agencies. Then at the post -disaster stage BPBD officers are less than optimal in helping the post -disaster recovery process due to lack of active in post -disaster roles. Keywords: Quality, Disaster, Disaster Management, Regional Government, Regional Disaster Management Agency
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial 300 Ilmu sosial > 305 Kelompok-kelompok sosial: |
Program Studi: | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Pemerintahan |
Pengguna Deposit: | 2301935138 . Digilib |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 04:12 |
Terakhir diubah: | 13 Jun 2025 04:12 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88557 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |