STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL PADA ONLINE SHOP @artemis_fashion DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

NUNI , RIZKI PERMATA MULYA (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL PADA ONLINE SHOP @artemis_fashion DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (251Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3518Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2417Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Komunikasi memiliki peran yang sangat penting dalam menjalankan kegiatan pemasaran, karena apabila komunikasi terhambat maka kegiatan pemasaran ikut terhambat. Kegiatan komunikasi pemasaran bertujuan untuk memperkenalkan serta mengkomunikasikan suatu produk kepada masyarakat luas. Saat ini kegiatan komunikasi pemasaran sudah mulai mengalami perubahan dari konvensional menjadi digital, namun dalam pelaksanaannya masih ditemukan masalah seperti yang terjadi di Artemis Fashion di mana kurangnya kreativitas dalam komunikasi pemasaran yang ada dalam konten sehingga konten yang di buat kurang memberikan kesan pada audiens, kurang memanfaatkan fitur-fitur yang ada di media sosial Instagram, kurang memanfaatkan media sosial lainnya sehingga audiens tidak terjangkau secara luas serta kuatnya persaingan antar online shop yang menawarkan produk serupa. Masih adanya masalah maka dibutuhkan strategi komunikasi pemasaran yang tepat agar tetap dapat bersaing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah strategi komunikasi pemasaran digital melalui Media Sosial Instagram @artemis_fashion. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran digital melalui media sosial Instagram @artemis_fashion. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul selanjutnya dilakukan analisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran digital melalui media sosial Instagram @artemis_fashion melalui analisis SOSTAC sudah dilaksanakan dengan tepat, terlihat dari Artemis Fashion melakukan analisis dengan menggunakan analisis Strengths, Weakness, Opportunities dan Threats (SWOT), Artemis Fashion merumuskan tujuan (objectives) dengan pendekatan 5S (Sell, Serve, Speak, Save and Sizzle), Artemis Fashion membentuk strategi dengan pendekatan STP (segmenting, targeting, positioning). Artemis Fashion hanya menerapkan 3 (tiga) tactics yaitu produk (product), harga (price) dan promosi (promotions), Artemis Fashion merealisasikan strategi dan taktik ke dalam bentuk aksi pada setiap media yang dimiliki tetapi Artemis Fashion lebih terfokus pada media Instagram dibanding dengan media lain yang dimiliki, Artemis Fashion sudah melakukan kontrol dengan memantau konten yang sudah diunggah dan adanya evaluasi oleh pihak internal. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat peneliti berikan saran Artemis Fashion hendaknya memberikan informasi yang lebih informatif di dalam feeds, instagram story, highlight konten, reels, dan Instagram Ads dan Artemis Fashion dapat membuat aksi lebih spesifik dan lebih terjadwal lagi untuk setiap media yang dimiliki karena selama ini Artemis Fashion hanya fokus pada satu media sosial Instagram dalam melakukan sosial media marketing. Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Online Shop, Media Sosial

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
Program Studi: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2301696223 . Digilib
Date Deposited: 14 Jun 2025 05:25
Terakhir diubah: 14 Jun 2025 05:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88635

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir