Pengaruh Video Kampanye Bank BCA “Don’t Know? Kasih No!” di YouTube terhadap Sikap Mahasiswa FISIP Universitas Lampung dalam Menghadapi Ancaman Phishing

Ihsanti , Nasrila Azis (2025) Pengaruh Video Kampanye Bank BCA “Don’t Know? Kasih No!” di YouTube terhadap Sikap Mahasiswa FISIP Universitas Lampung dalam Menghadapi Ancaman Phishing. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (376Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (8Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (7Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Perkembangan internet yang pesat menyebabkan timbulnya titik lemah, yaitu adanya kejahatan siber, salah satunya kegiatan phishing. Perbankan merupakan layanan transaksi keuangan yang paling rawan menjadi sasaran serangan phishing. Video “Don’t Know? Kasih No!” merupakan bagian dari kampanye Bank BCA di media sosial dalam melawan maraknya fenomena phishing di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video kampanye Bank BCA “Don’t Know? Kasih No!” di YouTube terhadap sikap mahasiswa FISIP Universitas Lampung dalam menghadapi ancaman phishing. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori S-O-R dan teori teknologi persuasif. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan survei terhadap 98 responden mahasiswa FISIP Universitas Lampung yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (9,253 > 1,984) yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan nilai R2 = 0,471 yang berarti variabel video kampanye Bank BCA “Don’t Know? Kasih No!” di YouTube berpengaruh sebesar 47,1% terhadap variabel sikap mahasiswa FISIP Universitas Lampung dalam menghadapi ancaman phishing. Pengaruh ini berarti bahwa stimulus yang diberikan melalui video kampanye Bank BCA di YouTube mampu memengaruhi organism, yaitu mahasiswa FISIP Universitas Lampung pada munculnya respon berupa sikap dalam menghadapi ancaman phishing. Dengan demikian dapat diketahui bahwa media memiliki peran dalam mempersuasi penggunanya.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi
Program Studi: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2301950159 . Digilib
Date Deposited: 15 Jun 2025 03:31
Terakhir diubah: 15 Jun 2025 03:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88684

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir