PENGARUH MODELPROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT BERBANTU ETNOKOMIK TERHADAPCRITICAL THINKING SKILLS DAN SUSTAINABILITY AWARENESS

BALQIS, BALQIS (2025) PENGARUH MODELPROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT BERBANTU ETNOKOMIK TERHADAPCRITICAL THINKING SKILLS DAN SUSTAINABILITY AWARENESS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (298Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2681Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2419Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terintegrasi Education for Sustainable Development berbantu etnokomik terhadap Critical Thinking Skills dan Sustainability Awareness. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment atau eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalen control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X SMA Perintis 2 Bandar Lampung. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu siswa kelas X.9 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model PBL terintegrasi ESD berbantu etnokomik dan siswa kelas X.4 sebagai kelas kontrol menggunakan model discovery learning. Teknik pemilihan sampel menggunakan simple random sampling karena karakteristik populasi relatif sama. Teknik pengumpulan data kuantitatif pada critical thinking skills berupa tes uraian dan data kualitatif pada sustainability awareness berupa angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model PBL terintegrasi ESD berbantu etnokomik berpengaruh signifikan terhadap critical thinking skills peserta didik menggunakan uji Independent Sample T-test dengan nilai Sig(2-tailed) 0.00 < 0.05. Peningkatan nilai pretest-posttest critical thinking skills pada kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata N-gain sebesar 0,64 termasuk kategori sedang, lebih tinggi dibandikan kelas kontrol dengan rata-rata N-gain 0,46 termasuk kategori sedang. Hasil data angket sustainability awareness diperoleh rata-rata persentase sebesar 85,8% dengan kategori tinggi. Penerapan model PBL terintegrasi ESD berbantu etnokomik dapat memberikan permasalahan secara nyata kepada peserta didik dan mendorong terhadap peningkatan critical thinking skills dan sustainability awareness. Kata Kunci : problem based learning, education for sustainable development, etnokomik, critical thinking skills, sustainability awareness

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2506461116 Digilib
Date Deposited: 16 Jun 2025 01:13
Terakhir diubah: 16 Jun 2025 01:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88697

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir